Mahasiswi Akbid Praktik Kebidanan di Jabiren

  • Whatsapp

PULANG PISAU/tabengan.com – Mahasiswa Reguler Angkatan XVIII Program Studi (Prodi) DIII Akademi Kebidanan (Akbid) Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Palangka Raya melaksanakan Praktik Kebidanan Komunitas berupa kegiatan penyuluhan kesehatan bagi warga, di desa Jabiren, Kecamatan Jabiren Raya, Jumat (2/11).

Kepala Prodi DIII Kebidanan, Poltekkes Palangka Raya, Riyanti menerangkan kegiatan ini adalah untuk melaksanakan salah satu mata kuliah pada Prodi DIII Poltekkes, dengan mata kuliah praktek kebidanan komunitas. Kegiatan tersebut dilaksanakan setiap tahun dan kali ini salah satu kabupaten yang ditunjuk adalah Kabupaten Pulpis tepatnya di desa Jabiren Kecamatan Jabiren Raya.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan ini diawali dengan pendataan seluruh penduduk yang ada di salah satu desa. Masalah kesehatan apa yang kami temukan, akan kami sampaikan dan kami tindak lanjuti. Harapan kami dengan kegiatan ini bisa berlanjut, terutama Puskesmas dan desa, supaya pelayanan kesehatan lebih meningkat,” kata Riyanti kepada wartawan, kemarin.

Sementara Kepala Puskesmas Jabiren, Rustam Efendi, menjelaskan penyuluhan kesehatan yang dilaksanakan tersebut merupakan rangkaian terakhir kegiatan mahasiswa Poltekkes Palangka Raya, setelah selama 12 hari membantu Puskesmas Jabiren. Jumlah mahasiswi yang melakukan praktek sebanyak 45 orang.

Dia mengapresiasi kegiatan kegiatan yang dilaksanakan oleh Poltekkes Palangka Raya di Jabiren selama ini. Mereka melakukan pendataan, serta mencari permasalahan yang ada di desa terutama desa Jabiren, misalnya dengan melakukan penyuluhan kepada pelajar SMP/SMA tentang kesehatan reproduksi, supaya tidak terjadi kesalahan waktu sudah menikah nanti.

Selain penyuluhan, dikatakan Rustam, mereka juga melakukan bakti sosial dan pembersihan lingkungan. c-ger

Pos terkait