Tujuh Desa Resmi Dicanangkan Jadi Kampung KB

  • Whatsapp

NANGA BULIK/tabengan.com – Pada tahun 2018 ini, sebanyak 7 desa di Kabupaten Lamandau yakni Desa Bakonsu, Karang Mas, Kina, Kubung, Nanga Belantikan, Sepondam, dan Desa Nanga Palikodan, resmi dicanangkan menjadi kampung Keluarga Berencana (KB).

Pencanangan Kampung KB dilakukan Bupati Lamandau H. Hendra Lesmana di Desa Bakonsu, Selasa (30/10) lalu.

Dalam kesempatannya, Hendra mengatakan, pencanangan Kampung KB dilakukan untuk mengembalikan kejayaan program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

“Kampung KB ini merupakan satuan wilayah yang memiliki kriteria tertentu, dimana terdapat keterpaduan program kependudukan, keluarga berencana, pembangunan keluarga dan pembangunan sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis,” katanya.

Menurutnya, kesuksesan pelaksanaan program tersebut tidak terlepas dari sisi pembinaan yang dilakukan oleh Dinas terkait. Sebab itu, ia meminta kepada semua Satuan Organisasi Pemerintah Daerah (SOPD) terkait agar secara berkesinambungan melakukan pembinaan sesuai bidangnya.

“Misalnya, Dinas Kesehatan bisa memprogramkan imunisasi, penyuluhan kesehatan, posyandu balita dan lansia, beasiswa tenaga kesehatan serta pembinaan remaja supaya lebih memahami akan bahaya narkoba, seks bebas, dan perkawinan dini,” ingat Bupati.

Begitupula dengan SOPD lain, seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), upayakan untuk membentuk kelompok belajar guna pemberantasan buta huruf.

“Bahkan, bila perlu lakukan juga penyuluhan sekolah ramah anak, dan beasiswa untuk para guru,” tambahnya.

Kemudian untuk Dinas pertanian, bisa memprogramkan pemberian bibit dan pembinaan kelompok tani. Dinas Ketahanan Pangan programkan pangan lestari.

“Yang tidak kalah pentingnya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Programnya bisa berupa pemenuhan untuk kepemilikan akta kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA),” pungkas Bupati.c-kar

Pos terkait