KTE 2018 Resmi Dibuka, Promosi Dagang Hadapi Persaingan Global

  • Whatsapp
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Kalteng Trade Expo (KTE) 2018 remi dibuka oleh Gubernur Kalimantan Tengah yang diwakili Pj Sekda Prov Kalteng, Fahrizal Fitri, di Arena Pameran Temanggung Tilung Palangka Raya, Sabtu (29/9) malam. Dalam sambutannya, Fahrizal menuturkan, Kalteng merupakan provinsi terluas kedua di Indonesia setelah Provinsi Papua dan memiliki luas wilayah satu setengah kali pulau Jawa. Kalteng memiliki potensi sumber daya alam yang begitu sangatlah berlimpah.

“Kita memiliki potensi sumber daya alam yang begitu besar, potensi kawasan perairan hingga potensi lainnnya di atas bumi Isen mulang ini,” tuturnya. Semua potensi yang berlimpah itu selain menjadi berkah juga menjadi tantangan tersendiri bagaimana agar masyarakat Kalteng bisa memanfaatkannya dengan baik. Bagaimana agar sumber daya alam itu bernilai ekonomis tinggi bagi kesejahteraan masyarakat Kalteng. “Segala macam potensi yang dimiliki oleh Kalteng ini harus bisa memberikan kontribusi bagi perekonomian nasional,” katanya.

Bacaan Lainnya

iklan atas

Sektor perdagangan baik dalam maupun luar negeri memegang peranan penting yang harus terus dimaksimalkan. Hal tersebut harus dipahami secara bersama dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat pada era pasar global yang serba digital, diperlukan persiapan dunia usaha untuk bersaing secara ketat dalam bidang ekonomi khususnya perdagangan. “Salah satu upaya untuk menghadapi hal tesebut diperlukan promosi dagang dalam bentuk pameran yang efektif dan tepat sasaran,” bebernya.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kalteng, Mohhamad Hatta menungkapkan, maksud dan tujuan KTE 2018 adalah meningkatkan citra Provinsi Kalteng dan bangsa Indonesia di kancah internasional melalui kekayaan alam, kreativitas budaya yang ditranslasikan menjadi berbagai produk yang berkualitas, berdaya saing dan berstandar internasional. “Kita memiliki produk- produk lokal yang bisa dipromosikan di kancah internasional melalui kegiatan ini,” ungkapnya.

Peserta pameran ini, dari SOPD Provinsi Kalteng, beberapa stan kabupaten, UKM, Perbankan, Polda Kalteng, Korem dan lainnya. Kegiatan ini juga dilaksanakan berkat kerjasama Pemprov Kalteng dengan pihak- pihak lainnya. “Peserta pameran ini terdiri dari puluhan stan dan bisa dilaksanakan karena kerjasama Pemprov dan pihak lainnya,” imbuhnya. m-ybs

iklan atas

Pos terkait

iklan atas