Persiapan Kalteng Trade Expo 95 Persen

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Persiapan pelaksanaan pameran Kalteng Trade Expo 2018 yang akan dilangsungkan pada 29 September hingga 3 Oktober 2018, semakin mantap. Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kalteng melalui Kabid Perdagangan Luar Negeri Disperindag Kalteng, Adi Soeseno, menuturkan hingga berita ini diturunkan progres persiapan event Kalteng Trade Expo 2918 sudah mencapai 95 persen. “Sampai saat ini, progres kegiatan yang kali kedua dilaksanakan di Kalteng ini telah mencapai 95 persen,” kata Adi, Kamis (27/9).

Kegiatan ini merupakan sebuah upaya dari Pemprov Kalteng sesuai dengan instruksi Gubernur untuk mengangkat produk-produk lokal Kalteng yang berorientasi ekspor. Hal tersebutlah yang membedakannya dengan event-event yang lainnya, yakni dengan tema spesifik yakni berorientasi ekspor.

Bacaan Lainnya

Sampai saat ini pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk menyelenggarakan kegiatan ini, mulai dari pengembangan, penyesuaian, mempererat kerjasama dengan mitra, yang bukan hanya dari jajaran pemerintahan provinsi maupun kabupaten/kota tetapi juga dari stakeholder dari sektor swasta untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan ini, termasuk juga di dalamnya dari sektor BUMN dan BUMD.

Disperindag merupakan SOPD Pemprov yang juga merupakan pembina IKM (Industri Kecil Menengah) dan UKM (Usaha Kecil Menengah). Pihaknya akan melibatkan mereka (IKM/UKM) sesuai dengan tema ekspor itu sendiri maupun kepentingan dari pelaksanaan expo. “Sebagai contoh, kalau dalam kegiatan Gelar Karya maka di situ besar sekali peranan IKM dan UKM untuk menyemarakkan event tersebut, tetapi kalau Kalteng Trade Expo kita bicara soal dagang,” katanya.

Tidak semua produk yang dipamerkan sudah diekspor, namun pihaknya berusaha untuk menginventarisir produk mana saja yang bernilai ekspor. Seluruh produk tersebut akan memiliki nilai ekspor dan tentu sesuai dengan mekanisme- mekanisme yang berlaku. “Kita wajib untuk mendukung, salah satunya dengan mempromosikan produk- produk yang akan dipamerkan.Kedepannya kita harapkan peserta- peserta adalah para eksportir dan calon eksportir,” tambahnya. m-ybs

Pos terkait