Pendaftaran CPNS Dimulai, Ini Caranya

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) dijadwalkan mulai hari ini, 26 September 2018, hingga 10 Oktober pukul 15.00 WIB. Calon pelamar yang menemui kesulitan mendaftar, disarankan menghubungi Kantor UPT Badan Kepegawaian Negara atau Kantor Badan Kepegawaian Daerah setempat.

“Kalau ada yang masih belum jelas, datang ke desk di UPT BKN Palangka Raya atau Kantor BKD kabupaten/kota masing-masing, karena semua ada panitia seleksi di tingkat daerahnya,” kata Pj Sekdaprov Kalteng Fahrizal Fitri yang ditemui di Kantor DPRD Kalteng, Selasa (25/9).

Bacaan Lainnya

Fahrizal juga menjelaskan alur pendaftaran yang dilakukan secara online melalui http://sscn.bkn.go.id. Pertama, membuat akun di http://sscn.bkn.go.id, isi NIK, nomor KK atau NIK kepala keluarga, mengisi e-mail aktif, password dan pertanyaan pengaman, unggah pasfoto dengan ukuran minimal 120 KB dan maksimal 200 KB, lalu cetak kartu informasi.

Langkah selanjutnya, log in ke http://sscn.bkn.go.id menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan. Kemudian unggah foto selfie memegang KTP dan kartu identitas akun, isi biodata, pilih instansi, jenis formasi dan jabatan, cek resume, kirim data, dan cetak kartu pendaftaran SSCN 2018.

Selain itu ada berkas yang harus disertakan, yakni surat lamaran yang ditulis tangan dengan tinta hitam dan ditandatangani di atas materai Rp6.000 sebanyak dua rangkap. Pada surat lamaran harus disebutkan nama jabatan formasi yang dilamar, dan dikirim melalui pos ditujukan kepada Gubernur Kalteng.

Lampiran surat lamaran adalah fotokopi ijazah/STTB, transkrip nilai dua rangkap, fotokopi surat tanda registrasi (STR) bagi tenaga kesehatan, pasfoto terbaru dengan latar belakang merah ukuran 3×4 dan 4×6 masing-masing 3 lembar, dan fotokopi KTP yang masih berlaku.

Waktu dan tempat penyampaian berkas surat lamaran dimulai 26 September hingga 10 Oktober melalui PT Pos. Selanjutnya, baru hasil verifikasi berkas lamaran, pencetakan kartu tanda peserta tes.

Peluang Putra Daerah
Fahrizal berharap, melalui seleksi CPNS ini akan semakin banyak putra-putri Kalteng yang ikut mendaftar dan bergabung, baik di Pemprov Kalteng maupun Pemkab/Pemko. “Ini kesempatan yang baik untuk bergabung di Pemerintahan Provinsi maupun kabupaten/kota,” kata dia.

Fahrizal juga meyakinkan, infrastruktur pendukung pelaksanaan tes CPNS sudah mencukupi. “Kita pernah melaksanakannya. Di sekolah ada, di perguruan tinggi ada, di instansi pemerintahan juga ada fasilitas untuk pelaksanaan tes menggunakan computer assisted test (CAT),” kata dia.

Di lingkungan Pemprov Kalteng ada 358 formasi, dengan rincian tenaga pendidik 218 formasi, tenaga kesehatan 80 formasi, dan tenaga teknis 60 formasi. dkw

Pos terkait