Cegah ND, Ribuan Unggas Divaksin

  • Whatsapp

SUKAMARA/tabengan.com – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Sukamara melakukan vaksinasi terhadap ribuan unggas untuk mencegah penyakit Newcastle Disease (ND) atau lebih dikenal dengan tetelo (leher melintir) yang merugikan banyak peternak di Kabupaten Sukamara.

Kepala Bidang Peternakan DKPP Sukamara Syamsir Hidayat mengatakan, karena penyakit ini disebabkan oleh virus, tidak ada pengobatan yang dapat diberikan kecuali memperkuat kondisi unggas. Vaksinasi diberikan per oral (lewat mulut) kepada unggas yang sehat, biasanya dicampurkan pada air minum.

Bacaan Lainnya

“Penyakit ND atau yang lebih dikenal masyarakat penyakit tetelo ini menyerang pada unggas, seperti ayam, bebek. Untuk pencegahan, kita melakukan vaksinasi ke masyarakat yang memiliki ternak,” kata Syamsir, Sabtu (15/9).

Menurutnya, vaksinasi ND dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit yang disebabkan oleh virus, karena penyakit yang sering menyerang unggas dan tidak mengenal musim tersebut sangat merugikan peternak, sehingga perlu pencegahan.

Selain itu, dinas melakukan pencegahan dengan vaksinasi ke unggas dengan harapan ke depan Kabupaten Sukamara akan memiliki ternak yang sehat dan meningkatkan produktivitas.

Dikatakannya, untuk vaksinasi yang dilakukan BKPP setidaknya ada 3.000 ekor unggas di Kabupaten Sukamara yang telah vaksinasi ND/tetelo. Ini akan terus bertambah karena masyarakat yang memiliki ternak sangat antusias agar ternaknya dapat divaksinasi.

“Sambil kita melaksanakan vaksin terhadap ternak, kita juga memberikan pemahamam kepada peternak, bagaimana cara penanganan unggas yang terkena virus ND ini, dan apa yang dilaksanakan ini mendapat apresiasi dari peternak,” ungkap Syamsir.

Menurutnya, penyakit ini sangat mudah menular dan menyerang pada berbagai jenis unggas, dengan berbagai gejala hingga menyebabkan kematian. Oleh karena itu, bila ada unggas sakit segera menghubungi pihaknya untuk dilakukan penanganan yang tepat sesuai dengan kasus yang dialami. c-gus

Pos terkait