Hujan Es Hebohkan Warga Mentaya Hulu

  • Whatsapp
iklan atas

SAMPIT/tabengan.com – Jika sebelumnya hujan es sempat menghebohkan warga Desa Sebabi, Kecamatan Telawang, Kabupaten Kotawaringin Timur, kali ini fenomena hujan es kembali terjadi di Desa Tumbang Sampiri, Kecamatan Mentaya Hulu. Peristiwa ini terjadi saat hujan lebat, Senin (10/9), sekitar pukul 15.10 WIB.

Fenomena langka ini menjadi perbincangan hangat di sosial media seperti facebook maupun instagram, termasuk foto-foto hujan es yang diunggah oleh masyarakat. Dalam postingan di sosial media tersebut terlihat hujan lebat yang disertai es. Ukuran es seperti batu kerikil dengan diameter bervariasi. “Hujan es di Tumbang Sapiri kemarin (Senin) sore,” ungkap salah seorang netizen di sosial media.

Bacaan Lainnya

iklan atas

Terkait dengan fenomena hujan es tersebut, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Bandara Haji Asan Sampit Nur Setiawan mengungkapkan, pihaknya sebelumnya sudah menyampaikan peringatan dini terkait dengan kondisi cuaca pada 10 September 2018 pukul 15.05 WIB.

Peringatan dini yang disampaikan tersebut yaitu mengenai kondisi cuaca di sejumlah wilayah di Kalimantan Tengah yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, yang disertai petir atau kilat dan angin kencang. Salah satu wilayah yang mengalami hujan lebat ini adalah di Kecamatan Mentaya Hulu.

“Jika terjadi hujan es, dimungkinkan di wilayah tersebut awan CB (comulunimbus)-nya sangat rendah,” ungkapnya.

Sebelumnya hujan es juga terjadi di daerah Desa Sebabi, Kecamatan Telawang. Hujan es di daerah ini cukup mengejutkan warga, karena menimbulkan suara cukup keras, khususnya saat menimpa rumah beratapkan seng. c-arb

iklan atas

Pos terkait

iklan atas