Potensi PAD Perlu Terus Dimaksimalkan

  • Whatsapp

PULANG PISAU/tabengan.com – Anggota DPRD Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) H. Johansyah meminta Pemerintah Daerah untuk lebih cermat dalam mendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Terlebih menurut politisi Partai Gerindra ini, Pemerintah perlu dana besar agar bisa memenuhi program-program yang disusun bersama.

“Kita minta pada Kepala Daerah, dalam hal ini Bupati, Wakil Bupati dan Sekda untuk jeli melihat SKPD dan instansi mana yang punya potensi dalam peningkatan PAD. Selanjutnya harus diberikan dorongan, baik berupa target serta akses untuk menjangkau target PAD tersebut. Selama ini kita lihat masih ada saja SOPD yang belum maksimal menggenjot PAD, makanya harus di dorong,” kata Johansyah, belum lama ini.

Bacaan Lainnya

Dilanjutkan Johansyah, selama ini masih beberapa SOPD saja yang memberikan kontribusi cukup besar untuk PAD, sementara SOPD lainnya masih belum terlihat progresnya. Dia menyarankan, agar SOPD yang berhasil meningkatkan PAD bisa diberikan reward sehingga lebih bersemangat untuk mendongkrak pendapatan.

Kedepan pimpinan daerah menurutnya harus memperhatikan masalah ini, jangan sampai SOPD yang bisa jadi pundi-pundi untuk menopang keuangan daerah justru diabaikan.

Legislator yang terpilih dari Dapil I meliputi Kecamatan Kahayan Kuala dan Sebangau Kuala ini melanjutkan, dengan mendapatkan reward, SOPD tersebut nantinya akan menjadi contoh yang baik dan bisa di tiru oleh SOPD lain. Sehingga dari situ mereka ikut membuat program dalam menarik PAD di instansi mereka. Johansyah pun yakin, ada banyak peluang yang bisa menjadi PAD daerah jika digarap dengan serius dan terpadu.

“Ada beberapa yang potensial, retribusi pasir itu hanya salah satunya saja. Lainnya seperti dari parkir, angkutan ferry penyebrangan, IMB walet serta masih banyak lagi. Daerah kita harus mulai mandiri dengan menggali potensi PAD yang ada,” harapnya. c-ger

Pos terkait