Bawang Dayak Potensi Komoditas Ekspor

  • Whatsapp
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Seorang pelaku usaha asal kota Palangka Raya, Heni Wijiastuti, mengungkapkan jika bawang Dayak memiliki potensi yang bagus untuk menjadi salah satu komoditas ekspor ke luar negeri. “Bawang Dayak ini memiliki khasiat yang terkenal hingga ke luar daerah dan ini bisa dijadikan peluang ekspor ke luar negeri,” ungkapnya, Senin (3/9). Menurut Heni, bawang Dayak adalah salah satu spesies bawang yang berasal dari Amerika.

Tanaman ini banyak tumbuh di daerah pegunungan dengan tinggi antara 600-1500 meter dpl (di atas permukaan laut). “Bawang Dayak menyukai tempat liar dan terbuka dengan tanah humus dan lembab, bagian yang ditanam adalah umbinya,” kata Heni. Budidaya bawang Dayak memang tidaklah sulit, sementara konsumen bawang dayak cukup besar mulai dari pelaku bisnis yang membutuhkan bahan bawang dayak untuk bahan baku pembuatannya.

Bacaan Lainnya

iklan atas

“Dalam penjualan bawang dayak, anda bisa memasarkan dengan cara menjualnya secara langsung, memasarkan ke pelaku bisnis produk yang menggunakan bahan ini atau diolah lagi sebagai produk siap konsumsi,” bebernya. Bawang dayak mungkin masih belum terlalu familiar. Selama jenis bawang yang populer di masyarakat hanyalah bawang merah, bawang putih dan bawang bombay. Dari namanya, mungkin bisa ditebak kalau tanaman ini berasal dari pulau Borneo, Kalimantan. “Yang mengejutkan, hasil riset menunjukkan bahwa bawang dayak memiliki sejuta manfaat dan peluang bisnis tanaman inipun cukup besar,” tambahnya.

Tanaman khas Kalimantan khususnya suku Dayak ini memiliki manfaat secara empiris digunakan sebagai tanaman herbal oleh masyarakat suku Dayak. Salah satu alasan kenapa bawang dayak bermanfaat bagi kesehatan karena umbi dari bawang dayak mengandung banyak senyawa fitokimia. Senyawa itu diantaranya adalah alkaloid,fenolik,streorid glikosida,tanin dan flavanoid.

“Manfaat bawang dayak bagi kesehatan diantaranya adalah melancarkan peredaran darah, melancarkan metabolisme, memperbaiki sistem pernafasan, menjaga organ reproduksi wanita, melancarkan ASI, dan lain-lain,”imbuhnya. m-ybs

iklan atas

Pos terkait

iklan atas