Pembangunan Kesehatan Jadi Tanggung Jawab Bersama

  • Whatsapp

MUARA TEWEH/tabengan.com – Bupati Barito Utara (Barut) H Nadalsyah mengatakan, pembangunan kesehatan bukanlah tanggung jawab pemerintah saja, namun bersama antara pemerintah dan masyarakat, termasuk swasta.

Hal tersebut diungkapkannya saat menghadiri kegiatan penilaian Lomba Posyandu 2018 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), di Desa Rimba Sari Kecamatan Teweh Tengah, Selasa (28/8).

Bacaan Lainnya

“Sedangkan sumber daya manusia yang sehat dan berkualitas merupakan modal utama atau investasi dalam pembangunan kesehatan. Kesehatan bersama-sama dengan pendidikan dan ekonomi merupakan tiga pilar yang sangat mempengaruhi kualitas hidup sumber daya manusia,” kata Nadalsyah.

Disampaikannya bahwa posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumber daya masyarakat yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelengaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat desa dalam hal memperoleh pelayanan kesehatan dasar yang utamanya untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi.

“Hal ini perlu diupayakan dan diperjuangkan serta ditingkatkan oleh setiap individu dan oleh seluruh komponen bangsa, agar masyarakat dapat menikmati hidup sehat dan pada akhirnya dapat mewujudkan derajad kesehatan masyarakat yang optimal,” katanya. c-ryu

Pos terkait