Pemdes Oreng Gunakan DD Bangun Perpusdes

  • Whatsapp

PURUK CAHU/tabengan.com – Tidak lama lagi, masyarakat Desa Oreng, Kecamatan Tanah Siang Selatan (TSS), Kabupaten Murung Raya (Mura), akan memiliki perpustakaan desa (perpusdes). Dimana perpusdes tersebut dibangun pemdes Oreng dengan menggunakan Dana Desa (DD).

Perpusdes yang tengah dibangun dengan luas enam kali delapan meter itu terletak persis bersebelahan dengan Kantor pemdes serta menghadap Kantor Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat.

Bacaan Lainnya

Kepala Desa Oreng, Piti Jaya G Odoi, Jumat (24/8) mengatakan, pembangunan perpusdes menjadi salah satu program prioritas dalam upaya memaksimalkan pembangunan desa melalui DD tahun 2018.

Adapun tujuannya untuk menumbuhkan dan meningkatkan minat baca serta bukti keseriusan pemdes dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, berdaya saing dan mencerdaskan generasi muda.

“Masyarakat sangat antusias mendorong kami untuk segera membangun dan memiliki gedung perpustakaan di Desa Oreng. Selain itu, manfaat kedepan adanya perpustakaan desa ini, anak-anak dari Tingkat SD hingga SMP dapat mengunjungi untuk menambah bahan bacaan dan menimba ilmu,” ujarnya.

Piti melanjutkan, dengan adanya buku maka wawasan warga akan bertambah serta berkembang mengingat ilmu pengetahuan terus berkembang. Sehingga tentunya akan membantu meningkatkan pengetahuan masyarakat desa setempat.

Selain itu dikatakan, untuk meningkatkan minat membaca warga desa, yang salah satu indikator dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Kemudian dengan masuknya buku-buku serta bahan bacaan lainnya ke desa akan muncul inovasi baru dalam memajukan desa.

“Saya berharap kehadiran perpusdes, anak-anak, remaja serta masyarakat akan sering berkunjung ke perpusdes untuk membaca. Karena dengan perpusdes ini gerbang ilmu yang harus dijaga dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh kita bersama,” tandasnya. c-vid

Pos terkait