Apdes Hurung Tampang Bangun Jaringan Sarana Penerangan

  • Whatsapp

KUALA KAPUAS/tabengan.com – Sebagiamana anjuran yang pernah dikatakan oleh Ir, Ben Brahim S Bahat, MM,MT dimasa menjabat sebagai Bupati Kapuas periode 2013-2018 lalu, syarat hidup sebuah kota atau desa ada 2 faktor, yaitu adanya sarana pedukung yang patut dan harus tersedia, sarana tersebut adalah ketersediaanya sarana infrastruktur dan pendukung yang kedua adalah penerangan, kalau salah satu dari sarana tersebut tak tersedia hidup dan majunya kota atau desa tak mungkin akan diwujudkan.

Apa yang dianjurkan seorang Ben Brahim S Bahat tersebut tampaknya masuk dan menjadi pemikiran oleh Barok M. Udur, Kepala Desa Hurung Tampang Kecamatan Kapuas Hulu, sebab pada tahun 2018 ini, dengan melalui anggaran Dana Desa (DD) mereka bersama-sama dengan warga beramai- ramai membangun fasilitas tiang untuk penerangan listrik disepanjang pemukiman mereka.

Bacaan Lainnya

Walaupun hanya dengan mempergunakan tiang dari kayu polypek, rencananya pihak Apdes akan menyerahkan pengelolaan penerangan listrik ini kepada pihak Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang mana baik dari iuran ataupun yang lainnya, seperti pemasangan aliran serta MCB ke rumah-rumah itu akan dikelola sendiri.

“Sampai saat ini kita baru melakukan pemasangan fasilitas jaringan saja dulu, terakit dengan pengelolaanya itu juga akan kita serahkan kepada Bumdes selaku pengelola kelistrikanya, dan kalau sudah terpasang semua baru kita musyawarahkan bersama-sama dengan warga,” kata Barok.

Diungkapkan Barok, bahwa pihak Apdes disini hanya penyedia dan pengelolaanya akan di serahkan kepada Bumdes terkait dnegan berapa mata yang diperbolehkan untikl dipasang oleh warga dalam satu rumah itu hanya tiga titik mata saja dengan kekuatan 150 Waat, sebab fasilitas mesin sendiri hanya berkekutan 70 KVA.

“Sampai Sejauh ini dengan melihatnya para Apdes dan Bumdes melakukan pemasangan jaringan tiang listrik menjadi apresiasi dan mendapatkan dukungan dari sekitar 130 KK yang tinggal di Desa Hurung Tampang , bahkan mereka dengan rela turut membantu kegiatan pemasangan tiang-tiang tersebut,” kata Barok bangga.c-yul

Pos terkait