Dewan Ajak Masyarakat Cegah Karhutla

  • Whatsapp
iklan atas

KUALA PEMBUANG/tabengan.com – Kalangan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Seruyan untuk aktif dan ikut serta dalam mencegah dan menangani kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Karhutla bisa terjadi akibat disengaja maupun tidak disengaja. Oleh karena itu, kami meminta agar bencana Karhutla di Kabupaten Seruyan jangan sampai terjadi. Dan hendaknya bisa dilakukan pencegahan sebelum terjadi. Apabila terjadi hendaknya bisa segera dihentikan dengan peran aktif masyarakat, untuk tidak membakar hutan dan lahan,” kata anggota DPRD Seruyan Lewis M Bangas, kemarin.

Bacaan Lainnya

iklan atas

Selain itu, jika ada Karhutla masyarakat diminta aktif membantu pemerintah daerah dalam menanganinya. Misalnya dengan memberikan informasi kepada pihak terkait atau pejabat sekitar, bahkan membantu dalam memadamkan titik api agar tidak meluas.

“Saat ini di Seruyan sudah ada titik api dan saya minta seluruh masyarakat untuk aktif mencegah Karhutla ini,” katanya lagi.

Di samping itu, ujar anggota komisi C ini, peran serta perusahaan perkebunan sawit dalam penanganan Karhutla di wilayah operasionalnya masing-masing juga sangat diperlukan. Karena, berpengaruh terhadap penanggulangan Karhutla di Seruyan secara keseluruhan, terutama pada masing-masing wilayahnya.

“Karena perusahaan punya kewajiban untuk memastikan wilayah operasionalnya aman dari kebakaran, dan perusahaan juga harus membantu desa atau wilayah di sekitar perusahaan agar terhindar dari kebakaran,” tandasnya. c-din

iklan atas

Pos terkait

iklan atas