OFI Kampanye Pelestarian Orangutan

  • Whatsapp

PANGKALAN BUN/tabengan.com – Prihatin menurunnya populasi Orangutan yang terdapat di kawasan Taman Nasional Tanjung Puting, membuat OFI (Orangutan Foundation Internasional) melakukan kampanye pelestarian hutan dan Orangutan.

Presiden Direktur OFI Prof Dr Birute Marry Galdikas mengatakan bahwa saat ini populasi Orangutan makin menurun akibat dampak dari berkurangnya kawasan hutan itu sendiri, dan banyaknya pembukaan lahan.

Bacaan Lainnya

“Hutan dan Orangutan adalah aset daerah Kabupaten Kotawaringin Barat yang harus dilindungi dan dilestarikan. Hal itulah yang membuat kami harus ambil langkah memberikan pemahaman kepada masyarakat, sebab saat ini dengan adanya pembukaan lahan sehingga merusak kelestarian hutan dan tersingkirnya populasi Orangutan, “. kata guru besar yang menangani Orangutan tersebut.

OFI sendiri, ujar Birute, saat ini melakukan pendekatan melalui sekolah-sekolah, dimana OFI memberikan sosialisasi kepada pelajar tentang pentingnya hutan dan Orangutan.

“Selain ke sekolah, kami pun melakukan pendekatan kepada masyarakat di 94 desa dan kelurahan se Kobar. Kami masuk dari desa ke desa guna mengkampanyekan hal itu, agar masyarakat maupun pelajar nantinya akan tumbuh rasa mencintai dan memiliki hutan dan Orangutan, sehingga kedepannya akan terbangun rasa untuk tetap melakukan pelestarian,” ujar Birute.

Untuk mengkampanyekan pelestarian hutan dan Orangutan, OFI pun akan memberikan insentif bagi warga desa atau kelurahan yang mau membantu OFI sebagai tenaga penyuluh.

“Saya telah menyampaikan hal itu kepada Ketua DPRD Kobar, dan beliau sangat mendukung dengan program kami dalam melaksanakanpelestarian hutan dan Orangutan, kami minta dukungan Pemkab Kobar terutama ibu Bupati, dimana dukungan itu dalam dukungan moril. Apalagi ibu Bupati Kobar begitu semangat dalam pengembangan sektor pariwisata, hal itu sejalan dengan program kerja kami, dan kami akan selaku siap membantu Pemkab Kobar untuk meningkatkan sektor pariwisata di Kobar,” tegas Birute.

Birute pun sangat mengharapkan bisa bertemu dengan Bupati Kobar untuk mensinergikan antara program prioritas pembagunan untuk sektor pariwisata dengan program kerja OFI dalam mengkampanyekan kelestarian hutan dan Orangutan.c-uli

Pos terkait