Pj Bupati Imbau Jangan Bakar Hutan

  • Whatsapp

SUKAMARA/tabengan.com – Untuk mengantisipasi bahaya kebakaran pada musim kemarau saat ini, Pemerintah Kabupaten Sukamara mengharapkan agar semua penduduk tidak membakar hutan. Masyarakat juga diimbau tetap waspada akan bahaya kebakaran yang setiap saat mungkin terjadi.

Pj Bupati Sukamara Nurul Edy mengatakan, dalam hal kebakaran hutan pemerintah tetap mengacu kepada petunjuk gubernur, dan untuk mengatisipasi kebakaran yang lebih luas pemerintah sudah mengeluarkan imbauan kepada masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan saya mengimbau baik kepada pihak perusahaan perkebunan maupun masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan, baik untuk lahan perkebunan maupun lahan untuk ladang,” kata Edy, kemarin.

Menurutnya, untuk mencegah terjadinya kebakaran diperlukan kerja sama semua pihak, bukan tugas pemerintah akan tetapi pihak perusahaan perkebunan maupun masyarakat sendiri untuk mencegah jangan sampai terjadi kebakaran. Sebab bukan hanya seorang saja yang akan dirugikan, tetapi semua pihak akan merasa dirugikan kalau terjadi kebakaran.

Selain itu, kebakaran sering terjadi apalagi saat musim kemarau atau saat musim panas seperti sekarang, di mana Kabupaten Sukamara dalam seminggu terakhir tidak ada hujan, sehingga lahan-lahan kering. Dengan demikian lahan–lahan tersebut akan mudah terbakar.

Oleh karena itu, untuk mencegah kebakaran diperlukan peran serta masyarakat. Karena masyarakatlah yang paling depan untuk mencegah terjadinya kebakaran, terutama kabakaran lahan yang beberapa tahun lalu sering terjadi akibat membuka ladang dengan cara membakar hutan.

Ia menambahkan, untuk mencegah kebakaran terjadi pemerintah melalui pemadam kebakaran (Damkar) harus tetap siap dan siaga. Hal ini dilakukan kalau terjadi kebakaran secepatnya dapat bergerak, sehingga api yang membakar tidak sempat menjadi besar dan kebakaran tidak dapat menjalar lebih luas.

“Untuk mencegah terjadinya kebakaran lebih besar lagi, pemerintah sudah mengantisipasi dengan mempersiapkan Damkar yang dimiliki Kabupaten Sukamara untuk selalu waspada dan siap setiap saat agar kalau terjadi kebakaran semuanya dapat bergerak dengan cepat untuk menghindari kebakaran menjadi besar dan meluas,” ucap Edy. c-gus

Pos terkait