Pemda Worksop dan FGD KLHS RPJMD

  • Whatsapp

TAMIANG LAYANG/tabengan.com – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Barito Timur (Bartim) menyelenggarakan Workshop dan Focus Group Discussion (FGD) tentang Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) 2018-2023, di aula Besar Pemkab Bartim, Tamiang Layang, Senin (13/8).

Kegiatan workshop tersebut dibuka Sekteraris Daerah Eskop didampingi Kepala Bappeda Panahan Moetar, serta dua tenaga Ahli dari Universias Palangka Raya (UNPAR) dan Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM) Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel).

Bacaan Lainnya

Dijelaskan Panahan Moetar Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah wajib membuat KLHS untuk memastikan bahwa prinsip pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar dan terintegrasi dalam pembangunan suatu wilayah dan/atau kebijakan, rencana, dan atau program.

“Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) merupakan pendekatan strategi jangka panjang pengelolaan lingkungan menuju pembangunan berkelanjutan,” terangnya.

Sementara itu, Eskop mengatakan KLHS adalah dokumen yang wajib dilengkapi dan sebagai alat analisis untuk mewujudkan pembangunan yang ramah lingkungan.

“Diharapkan agar penyusunan KLHS benar-benar dilakukan berdasarkan aturan yang berlaku,” pintanya

Lanjut dia, bahwa penyusunan KLHS harus selesai sebelum pelantikan Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih, berdasarkan visi misi yang di canangkan dalam kampanye Pilkada 2018 lalu.

“Penyusunan sebelum pelantikan calon Bupati dan Wakil Bupati Bartim, untul mewujudkan pembangunan yang ramah lingkungan,” pungkasnya. c-yus

Pos terkait