2019, Pengadaan Air Bersih Prioritas di Tumbang Danau

  • Whatsapp

KUALA KURUN/tabengan.com – Pemerintah Desa Tumbang Danau, Kecamatan Mihing Raya dengan difasilitasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) mengadakan Musyawarah Perencanaan Desa tahun 2019 di kantor desa setempat, Selasa (7/8) lalu.

“Kami menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) tahun 2019 dan Daftar Usulan RKP Desa tahun 2019 yang nantinya akan diajukan dan dimusyawarahkan di Musrenbang tingkat Kecamatan,” terang Pj Kepala Desa (Kades) Tumbang Danau Premeldi saat dihubungi awak media, Jumat (10/8).

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan, dari RKP Desa tahun 2019, salah satu yang menjadi prioritas adalah terkait ketersediaan air bersih. Selama ini, masyarakat di Desa Tumbang Danau memang belum merasakan layanan air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

Untuk kebutuhan terhadap air, sebagian menggunakan sumur bor dan sebagian lagi memanfaatkan air dari sungai Kahayan. Untuk sumur bor pun, air yang dihasilkan dapat dikatakan kurang bagus karena bergetah.

Oleh sebab itu, ketersediaan air bersih merupakan prioritas utama RKP Desa Tumbang Danau di tahun 2019 mendatang.

Pada tahun 2019 rencananya juga akan dilakukan penambahan gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Terpadu Desa, pembangunan jalan baru menuju rencana lokasi wisata alam air terjun Sei Sahai, serta kegiatan pemberdayaan seni dan budaya.

“Itu semua akan dilakukan menggunakan Anggaran Desa tahun 2019,” tambahnya.

Untuk Daftar Usulan RKP Desa Tumbang Danau 2019 yang nantinya akan diusulkan saat pelaksanaan Musrenbang tingkat Kecamatan, diantaranya adalah peningkatan lahan sawah kelompok tani, pembangunan irigasi sawah kelompok tani, serta pengembangan dan pelestarian situs budaya Mihing Manasa yang ada di Desa Tumbang Danau. c-gcm

Pos terkait