9 Desa Pilot Project Kampung KB

  • Whatsapp

TAMIANG LAYANG/tabengan.com – Pemerintah Kabupaten Barito Timur (Bartim) mencanangkan Program Kampung Keluarga Berencana (KB). Ada sembilan desa yang dipilih sebagai pilot project program ini.

Kampung KB di Bartim dicanangkan di 9 desa yaitu, di Desa Mangkarap Kecamatan Dusun Timur, Desa Rodok dan Ampah II Kecamaan Dusun Tengah, Desa Muara Plantau, Kupang Bersih, Bararawa, Bambulung dan Murung Duyung Kecamatan Pematang Karau, serta Desa Putut Tauluh Kecamatan Karusen Janang.

Bacaan Lainnya

Pejabat (Pj) Bupati Bartim I Ketut Widhi Wirawan mengatakan, sangat mengapresiasi dengan kegiatan program kampung KB. Kegiatan ini upaya menimbulkan kesadaran masyarakat untuk mengikuti program KB.

“Pencanangan kampung KB ini adalah tindak lanjut dari program nasional yang digemakan oleh pemerintah pusat. Sehingga harus kita dukung dalam rangka peningkatan kualitas hidup masyarakat,” ucap I Ketut Widhi Wirawan, Jumat (10/8).

Pencanangan itu, menurutnya, ada tiga aspek penting yang berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat. Yaitu, pendidikan, kesehatan, dan pendapatan ekonomi keluarga.

“Kalau semua itu tidak bisa terpenuhi maka pembangunan keluarga akan rapuh. Makanya itu pentingnya mengikuti program KB untuk mengatur angka kelahiran dan kematian bayi serta ibu,” akunya.

Lanjut Ketut, di Bartim berdasarkan data termasuk dengan banyaknya penderita stunting serta dengan mengikuti program kampung KB ini agar dapat meminimalisir.

“Makanya kita jadikan kampung KB. Yang nantinya kita harapkan mampu menciptakan keluarga kecil sejahtera dengan kualitas hidup yang baik,” pungkasnya. c-yus

Pos terkait