Gelaga Demokrasi Bahas Data Penduduk

  • Whatsapp

SUKAMARA/tabengan.com – Untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Dinas Dukcapil PP dan KB Kabupaten Sukamara menggelar acara Gelaga Demokrasi Pemilu tahun 2019 di Cafe Daris Sukamara, kemarin malam.

Ketua KPU Sukamara Lewianto mengatakan, acara gelaga atau berbincang demokrasi ini merupakan salah satu langkah sosialisasi terkait dengan data kependudukan. Kegiatan ni dilaksanakan secara santai namun serius.

Bacaan Lainnya

“Acara ini kita gelar dengan santai di cafe dengan mengundang Panwaslu, Parpol dan masyarakat untuk berbincang terkait Pemilu 2019, dengan tema acara peran masyarakat dalam mewujudkan kualitas daftar pemilih akurat,” kata Lewi.

Menurutnya, melalui acara ini KPU berharap dapat mengatasi kendala dan permasalahan yang terjadi saat Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah beberapa waktu lalu, dimana data pemilih meningkatkan peran serta masyarakat untuk perbaikan pada Pemilu 2019 mendatang.

Selain itu, dengan gelaga ini apa yang menjadi permasalahan kependudukan dapat didiskusikan secara santai berkaitan ada masyarakat yang masih kurang jelas dan bertanya-tanya, di sini akan dijelaskan juga tentang perbaikan daftar pemilih.

Dengan adanya gelaga demokrasi ini diharapkan peran parpol sangat menentukan. Dari hasil perbincangan, parpol dapat menyosialisasikan atau menyampaikan kembali kepada konstituennya.

“Kita harapkan parpol yang ikut gelaga ini dapat menyampaikan kepada konstituennya mengenai data kependudukan, dan sedari kini dapat mengurus data kependudukannya melalui Dinas Dukcapil PP dan KB Kabupaten Sukamara,” ucap Lewi.

Lewi menambahkan, acara gelaga demokrasi yang dikemas dengan santai ini ternyata mendapat apresiasi dari semua parpol peserta Pemilu, dan mereka berharap kegiatan semacam ini bisa dilaksanakan lagi di setiap kecamatan, namun KPU tentu akan melihat anggaran yang dimiliki untuk setiap pelaksaanaan acara. c-gus

Pos terkait