Semua Hewan Kurban Dipastikan Sehat

  • Whatsapp

SAMPIT/tabengan.com – Dinas Pertanian Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) memastikan, semua hewan kurban yang akan disembelih pada Hari Raya Idul Adha, 22 Agustus mendatang, dalam kondisi sehat. Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kotim drh Endrayitno mengatakan, pihaknya akan memeriksa semua kesehatan hewan sapi dan kambing yang akan dikurbankan.

“Kalau pemeriksaan kesehatan hewan sebenarnya rutin saja dilakukan dan untuk hewan yang jadi hewan kurban pun nanti akan kita periksa namun sejauh ini semua sehat,” ungkapnya, Selasa (7/8).

Bacaan Lainnya

Menurut Endra, sapaan akrabnya, sebelum disembelih hewan kurban terlebih dahulu menjalani pemeriksaan sebanyak dua tahap yaitu tahap antemortem atau pemeriksaan sebelum disembelih, dan postmortem atau pemeriksaan sesudah disembelih. Pemeriksaan ante mortem dilihat dari fisik luar hewan seperti pemeriksaan bulu, gerak, nafsu makan, cara bernapas, lubang kumalah, suhu badan hingga tinja dan urin hewan.

“Jadi kalau post mortem itu mencakup pemeriksaan limpa, hati, paru-paru, jantung, dan usus hewan. Pemeriksaan ini dilakukan saat hari H penyembelihan. Kalau ada yang bermasalah seperti ada cacing atau lainnya, segera kita singkirkan dan buang supaya tidak dikonsumsi warga,” tuturnya.

Diungkapkan Endra, saat pemotongan hewan berlangsung pihaknya juga akan standby memantau kondisi kesehatan organ dalam hewan kurban. c-may

Pos terkait