13 ABK Dipulangkan ke Indramayu

  • Whatsapp

SAMPIT/tabengan.com – Setelah tiba di Sampit, Minggu (5/8) lalu, 13 anak buah kapal (ABK) KM Bunga Hati II yang kapalnya tenggelam disapu ombak saat melaut di perairan Laut Jawa sekitar Indramayu, Jawa Barat, akhirnya dIpulangkan ke daerah asalnya, Selasa (7/8).

Pemulangan 13 ABK tersebut difasilitasi oleh Pemkab Kotawaringin Timur (Kotim). Para ABK tersebut dalam kepulangannya juga didampingi perwakilan KSOP Indramayu, Satpolair Polres Indramayu serta pemilik kapal.

Bacaan Lainnya

Sekda Kotim Halikinnor mengungkapkan, setelah melalui proses pemulihan pasca trauma kapal terbalik, baik dari sisi psikologis maupun kesehatan fisik, para ABK tersebut dinyatakan sudah siap untuk dipulangkan ke kampung halamannya.

“Untuk biaya pemulangan ini kita dari Pemkab Kotim akan membantu. Mudah-mudahan mereka kembali ke kampung halaman dengan selamat. Mereka pulang naik pesawat ke Surabaya baru setelah itu ke Indramayu,” jelas Sekda, Selasa (7/8).

Sementara itu perwakilan pemilik kapal, Rusmadi mengungkapkan pihaknya sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kotim yang memberikan respon yang baik karena telah merawat para ABK tersebut seperti warga mereka sendiri.

“Ini pengalaman berharga bagi kami agar ke depannya lebih berhati-hati saat melaut. Karena saat ini cuaca sangat tidak menentu,” jelasnya.

Seperti diketahui, akibat diterjang ombak besar saat melaut di perairan Laut Jawa, KM Bunga Hati II yang membawa 13 ABK akhirnya terbalik. Beruntung ke-13 ABK kapal tersebut berhasil diselamatkan, meski harus terombang-ambing di laut selama 6 jam. Sebuah kapal dagang yang melintas di perairan tersebut menyelamatkan mereka. ABK tersebut kemudian dievakuasi ke KSOP Sampit, Minggu (5/8). c-arb

Pos terkait