Ayo..! Cegah dan Tangkal Berita Hoax

  • Whatsapp
iklan atas

TAMIANG LAYANG/tabengan.com – Pemerintah Kabupaten Barito Timur (Bartim) melalui dinas teknis mengajak seluruh masyarakat setempat mencegah dan menangkal berita hoax (bohong) yang sengaja dihembuskan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Hal itu dilakukan dalam rangka menyukseskan Pemilu Legislatif dan Presiden 2019, khususnya di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah.

Bacaan Lainnya

iklan atas

Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Bartim Dedi Rosadi mengatakan hoax merupakan kata yang berarti ketidakbenaran suatu informasi atau bisa dikatakan dengan berita bohong. Hoax sebutnya adalah pesan yang dibuat tujuannya mengelabuhi dengan cara memalsukan fakta.

“Ciri-ciri berita hoax, yakni menciptakan kecemasan, kebencian, permusuhan, serta pesan yang disampaikan provokatif dengan kata-kata lawan, viralkan, sebarkan dan lain-lain,” katanya, usai menyampaikan materinya dalam kegiatan seminar kamtibmas, akhir pekan kemarin.

Dijelaskan Dedi, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Bartim, pihaknya telah berupaya untuk mencegah dan menangkal berita hoax di tengah masyarakat.

“Melakukan sosialisasi anti hoax melalui media sosial, seperti facebook, instagram, twitter, dan sejenisnya,”timpalnya.

Dedi juga mengajak seluruh masyarakat di Gumi Jari Janang Kalalawah ikut berpartisipasi dan mendukung upaya mencegah dan menangkal berita hoax yang, mungkin saja sengaja dihembuskan oleh pihak-pihak tertentu yang tidak bertanggung jawab.

“Bila ada berita hoax bisa disampaikan melalui kolom pengaduan masyarakat melalui Short Messages Send (SMS) 081258115442,”ujarnya.

Dedi juga berharap melalui sosialisasi yang dilakukan pihaknya, memberi kesadaran dan pengetahuan yang cukup bagi masyarakat, untuk bisa memilah dan menyaring pemberitaan yang berisi hoax, dalam upaya mendukung dan menyukseskan pemilihan Legislatif dan Presiden 2019 mendatang. “Mari cegah dan tangkal berita hoax di dunia maya,”pintanya. c-yus

iklan atas

Pos terkait

iklan atas