Pokdarwis Berperan Penting dalam Pembangunan Pariwisata

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Asdy Narang mengatakan, kelompok sadar wisata (Pokdarwis) berperan penting dalam pembangunan pariwisata di daerah.

Hal itu disampaikan Asdy, di sela-sela bimbingan teknis (Bimtek) sosialisasi pemasaran pariwisata di Kalimantan Tengah, yang digelar oleh Kementerian Pariwisata RI, di Hotel Fovere, Palangka Raya, Senin (6/8).

Bacaan Lainnya

Legislator muda dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng ini memang sangat concern mendukung pembangunan pariwisata Kalteng. Dalam beberapa tahun terakhir, Asdy telah beberapa kali menggelar Bimtek pemasaran pariwisata Kalteng dengan menggandeng Kementerian Pariwisata.

Berbagai kegiatan di antaranya seperti gerakan sadar wisata yang telah digelar pada beberapa daerah di Kalteng, hingga bimtek pemasaran pariwisata yang melibatkan masyarakat dan para pelaku usaha pariwisata.

Dalam paparannya di saat membuka Bimtek sosialisasi pemasaran pariwisata Kalteng kemarin, Asdy mengatakan, Kalteng mempunyai potensi pariwisata yang cukup menjanjikan. Hanya saja sampai sekarang ini belum bisa masuk 10 besar nasional untuk destinasi pariwisata.

Sebab itu, pembangunan pariwisata ini perlu didorong dan didukung oleh semua pihak, baik itu pemerintah, swasta hingga masyarakat. “Kelompok-kelompok sadar wisata di daerah kunjungan wisata mempunyai perangan penting dan strategis dalam pembangunan dan pengembangan kepariwisataan di Indonesia umumnya dan khususnya di wilayah-wilayah kunjungan tempat pariwisata,” kata Asdy.

Anggota DPR RI dua periode ini menjelaskan, kelompok masyarakat sadar wisata menjadi bagian penting dalam peningkatan kapasitas usaha masyarakat destinasi pariwisata. Jadi masyarakat di sekitar destinasi pariwisata atau kelompok masyarakat sadar wisata itu mempunyai peranan penting dalam menciptakan lingkungan yang kondusif bagi semuanya.

“Hal ini penting, sehingga industri pariwisata dapat dijadikan salah satu bagian penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan manfaat nilai ekonomi. Sektor wisata itu dapat menghasilkan pendapat daerah, lapangan pekerjaan, dan penghasilan pajak yang memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi lokal. Dan dalam kerangka itu, gambaran kualitas tujuan wisata, kegiatan pariwisata untuk menjadi pilihan pengunjung menjadi krusial,” terang Asdy.

Dalam Bimtek sosialisasi pemasaran yang dihadiri puluhan pelaku usaha pariwisata ini, hadir Tazbir perwakilan dari Kementerian Pariwisata sebagai pemateri, dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng, Guntur Talajan. sgh

Pos terkait