1.000 Warga Ikuti Harmoni Kebangsaan

  • Whatsapp

KASONGAN/tabengan.com – Sekitar 1.000 warga Kabupaten Katingan dari berbagai instansi, organisasi kemasyarakatan, TNI, dan Polres Katingan ikuti acara Harmoni Kebangsaan, Minggu (5/8) pagi, di bundaran besar Tjilik Riwut, kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan.

Adapun instansi dan organisasi masyarakat yang hadir pada acara yang dipimpin Kapolres Katingan AKBP Elisier Dharma Bahagia Ginting S IK, diantaranya PJ Bupati Katingan Baru I Sangkai, Sekda Nikodemus, sejumlah kepala SOPD lingkup Pemkab setempat, Pabung dan Jajaran TNI lainnya, organisasi kepramukaan, siswa dan siswi dari SD hingga SMA, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat serta ratusan warga Katingan, khususnya yang berada di Kasongan.

Bacaan Lainnya

Menurut Kapolres Katingan, Harmoni Kebangsaan merupakan salah satu program pemerintah pusat yang digelar bukan hanya di Kabupaten Katingan, tapi serentak di seluruh Provinsi dan kabupaten/Kota di Republik Indonesia (RI).

Adapun tujuannya, menumbuhkan rasa nasionalisme dan kebangsaan, sehingga kecintaan terhadap Negara Kesatuan Repbulik Indonesia (NKRI) semakin tumbuh. Dengan demikian, tetap bersatu padu dan tidak bisa dipecahbelahkan oleh kelompok lain ataupun oknum-oknum tertentu.

Sementara, PJ Bupati Katingan Baru I Sangkai saat dikonfirmasi, merespon dengan baik digelarnya acara ini.

Menurutnya, Kebhinekatunggal Ika di Kabupaten Katingan pada khususnya dan di Provinsi Kalimantan Tengah, dan di RI, memang sudah terjaga sejak Indonesia merdeka.

“Sehingga sangat patut untuk tetap dijaga terus keutuhannya dengan harapan dapat berjalan sampai seterusnya,” ujarnya.

Sama seperti yang diungkapkan Kapolres, dirinya selaku PJ Bupati Katingan mengakui bahwa acara ini merupakan kegiatan yang dapat menumbuhkembangkan semangat patriotisme bangsa Indonesia. Dengan harapan agar bangsa dan NKRI ini tetap kokoh sepanjang masa.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada Kapolres Katingan dan jajarannya atas digelarnya acara Harmoni Kebangsaan di Kabupaten berjuluk bumi Penyeng Hinje Simpei ini.

Begitu pula ucapan terimakasihnya kepada para pelajar, adik-adik pramuka, tokoh asyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan seluruh elemen masyarakat Katingan yang turut mendukung dan sekaligus hadir dalam acara ini.

“Semoga acara seperti ini bisa dilaksanakan lagi untuk di tahun-tahun mendatang, sehingga kesatuan dan persatuan kita semakin erat dan utuh sepanjang masa,” harap pria yang juga masih menjabat sebagai Kasatpol PP di Pemerintahan Provinsi Kalimantan Tengah ini.c-dar

Pos terkait