335 Jamaah Calon Haji Kapuas Menuju Tanah Suci

  • Whatsapp

KUALA KAPUAS/tabengan.com – Pada tahun 1439 Hijriah atau tahun 2018 Masehi sebanyak 335 jamaah calon haji (JCH) Kabuapaten Kapuas dilepas menuju tanah suci oleh Pj Bupati Kapuas Agus Pramono S.Sos yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs Hidayatullah M.Ikom, Sabtu (4/8) siang di Masjid Agung Al Mukarram Amanah.

Dalam sambutannya, Hidayatullah menyampaikan langsung salam dari Pj Bupati Kapuas, dan berpesan agar seluruh JCH Kabupaten Kapuas mengikat tali silaturahmi supaya saling tolong menolong serta memperhatikan sesama jamaah.

Bacaan Lainnya

“Pj Bupati Kapuas berpesan agar semua jamaah menjaga kesehatan saat berada di tanah suci, karena cuaca disana sangat berbeda dengan disini. Perbanyak minum air zam-zam dan makan buah-buahan agar kondisi disana tetap prima, Bapak Pj Bupati juga mendoakan agar semua jamaah haji tahun ini menjadi jamaah haji yang mabrur agar dapat membangun Kabupaten Kapuas secara bersama-sama,” bebernya.

Kepala Bagian Kemas Kesra Setda Kabupaten Kapuas, H Junaidi SE, SKM, M.AP M.Kes menerangkaan bahwa pelayanan bus diserahkan kepada Organda Kabupaten Kapuas dengan biaya haji ditanggung oleh Pemda baik itu konsumsi, transportasi dan lain lain. “Kami berharap pelayanan haji tahun ini bisa menjadi lebih baik dari tahun kemarin,” ujar Junaidi yang juga Panitia Jamaah Calon Haji Kabupaten Kapuas.

Ditempat yang sama Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas, Drs H Ahmad Bahruni melaporkan bahwa jamaah calon haji yang akan berangkat sebanyak 335 jamaah terdiri dari 158 jamaah laki-laki dan 177 jamaah haji perempuan dengan didampingi 3 orang Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI), 1 orang Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) dan 2 orang Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI). 325 jemaah ini, masuk dalam kloter 12. Sedangkan 16 jemaah sisanya, masuk dalam kloter 13 bergabung dengan Banjarmasin.

Untuk jamaah sendiri nantinya akan dibagi menjadi dua kloter yaitu 325 jemaah masuk dalam kloter 12, sedangkan 16 jemaah sisanya, akan masuk dalam kloter 13 bergabung dengan Banjarmasin.

“Keberangkatan kloter 12 nantinya akan berangkat ke Banjarmasin-Jeddah pada tanggal 5 Agustus 2018. Sedangkan kloter 13 akan berangkat tanggal 7 Agustus 2018,” ucapnya.

Jamaah yang tergabung dalam keloter 12 akan diberangkatkan dari Kuala Kapuas Menuju Asrama Haji Al Mabrur Palangka Raya mengunakan 11 Bus dengan pengawalan polres Kapuas, pihak kesehatan berupa amnulan, Dishub dan Satpol PP Damkar Kapuas.

Kegiatan pelepasan jamaah calon haji itu dihadiri juga oleh sejumlah unsur Forkopimda, tokih agama, apara ulama serta Kepala SOPD.

Sebelumnya sebanyak 335 Jamah Calon Haji asal Kabupaten Kapuas yang tiba dengan selamat di Asrama Haji Al Mabrur Palangka Raya, (4/8) malam. Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam dengan mengunakan 11 bus lengkap dengan pengawalan pihak Polres Kapuas, pihak kesehatan berupa ambulan, Dishub dan Satpol PP Damkar Kapuas para jamaah calon haji disambut langsung oleh Panitai jamaah calon haji Kalimantan Tengah setibanya di asrama haji.c-hr/hmskmf

Pos terkait