Grand Final Pemilihan Duta Tambun Bungai, Semarak Dan Kemeriahan Mewarnai Gedung Tambun Bungai

  • Whatsapp
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Final Pemilihan Duta Tambun Bungai yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Palangka Raya dan Disbudpar Kalteng dilaksanakan di Gedung Pertemuan Umum Tambun Bungai Jalan A yani Kota Palangka Raya, Sabtu (5/8) malam berlangsung sangat meriah.

Dalam acara ini, para peserta yasng berjumlah 30 diwajibkan memeragakan busana tradisional yang dipadukan dengan gaya modern. Peserta ke 30 peserta berasal dari 5 kabupaten dan 1 kota. Barito Timur, Barito Selatan, Kapuas, Pulang Pisau, Katingan, Kota Palangka Raya

Bacaan Lainnya

iklan atas

“Jumlah peserta tahun ini meningkat dari sebelumnya, dari tingkat kota menjadi tingkat provinsi. Sebenarnya total jumlah peserta sebanyak 40 orang tetapi yang lolos seleksi sebanyak 30 orang,” Kata Kadisbudpar Kalteng, Guntur Talajan.

Antusiasme masyarakat cukup tinggi pada ajang ini, hal tersebut dapat dilihat dari ramainya pendukung dan penonton yang hadir. Sorak sorai pun selalu pecah setiap nama para peserta disebutkan. Selain itu, beberapa sanggar yang menampilkan tarian-tarian tradisional pun menambah acara semakin meriah.

Dalam sambutannya, Pembina Asosiasi Duta tambun Bungai (ADTB), Tisnawidyanti Mofit Saptono mengharapkan, kegiatan ini rutin diadakan setiap dua tahun sekali ini terus digelar, karena kegiatan ini di gelar dalam rangka hari jadi Kota PalangkaRaya dan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Diharapkan menjadi modal dan model yang dapat mencintai seni dan budaya Kalteng. Pintar saja tidak cukup, tetapi harus memiliki nilai lebih untuk mencapai ajang nasional,” ujarnya.

Acara cukup bergengsi tersebut juga dihadiri beberapa pejabat seperti, Walikota dan Wakil Walikota terpilih Fairid dan Umi, Wakil Walikota Mofit Saptono beserta istri, dan Kadisbudpar Kalteng Guntur Talajan serta Pj Kepala Badan Anggaran Kota Palangka Raya, Absiah Soekah, sebagai Ketua Panitia Kegiatan.

“Kita berharap mereka menjadi gerbang masuk budaya Kalteng, mereka yang akan memperkenalkan budaya dan pariwisata Kalteng,” kata Walikota Terpilih Fairid Naparin.

Fairid menambahkan, nantinya pemenang akan diberikan pembinaan atau studi banding untuk membekali ilmu dan pengetahuan agar mereka dapat bekal yang cukup jika nantinya akan sampai ajak nasional.

Finalis tiga besar yang terpilih disabet oleh, Juara 3 diraih oleh Billy dan Friska, Juara 2 diraih oleh Pega dan Dinda, dan untuk Juara 1 diraih oleh Adi dan Ayu. Para pemenang nantinya akan mendapat piala dan uang pembinaan dari pemerinta provinsi dan kota.

Selain ketiga pemenang tersebut, ada juga beberapa kategori yang diraih peserta lain yang tidak masuk dalam kategori Finalis Duta Tambun Bungai. Beberapa kategori tersebut antara lain, Kategori Hatue dan Bawi Photogenic, Hatue dan Bawi favorit, Hatue dan Bawi Busana Terbaik, Hatue dan Bawi Berbakat, Hatue dan Bawi Intelegencia, dan Duta Pengurangan Resiko Bencana Kota Palangka Raya.

“ Sebenarnya saya tidak menyangka akan terpilih, tapi kami berdua akan merangkul semakin banyak teman untuk semakin melestarikan budaya kita. Tesnya berat sekali tetapi bekal materi yang telah diberikan sangat membantu sekali” Ujar Juara 1 Hatue Duta Tambun Bungai Aditya Anugrah

Adit juga mengatakan, dirinya akan mengevaluasi program terdahulu dan menggunakan media sosial sebagai salah satu wadah yang paling kuat untuk promosi budaya karena jangkauannya bisa lebih luas.

“Luar biasa sekali perjuanganku selama ini dan akan berusaha semampu saya untuk melestarikan budaya kalimantan tengah.” Tutup Yuastri Haring dengan suara tertahan karena rasa haru yang masih menyelimutinya. YOH

iklan atas

Pos terkait

iklan atas