Kerajinan Rotan Kalteng Dipamerkan Di Jepang

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Kerajinan rotan asal Kalimantan Tengah dari kelompok kerajinan anyaman rotan Duta Dare, yang merupakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalteng terpilih mengikuti pameran di Hibiya Park, Tokyo, Jepang.

Manajer Fungsi Pelaksana dan Pengembangan UMKM Kantor Perwakilan BI Provinsi Kalteng Edwin Marwansyah, saat rilis bulanan indikator makro, Kamis (2/8), mengatakan, produk kerajinan rotan Duta Dare telah mengalami peningkatan, baik dari sisi kualitas maupun model-modelnya.

Bacaan Lainnya

Saat ini, kata dia, produk kerajinan rotan mereka dapat diterima pasar nasional maupun internasional. Ini terbukti dengan terpilihnya produk kerajinan rotan asal Kalteng untuk mengikuti pameran 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang, di Hibiya Park, Tokyo, pada 28-29 Juli 2018.

Lebih lanjut Edwin mengatakan, kelompok kerajinan anyaman rotan Duta Dare dan Batik Benang Bintik tersebut mengikuti pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2018 yang dilaksanakan pada 20-22 Juli 2018 lalu, di Jakarta Convention Center (JCC).

Dijelaskan Edwin, KKI merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh BI untuk memperluas akses pemasaran dari UMKM binaan masing-masing Kantor Perwakilan Bank Indonesia Dalam Negeri.

Pameran KKI pada tahun 2018 mengusung tema “Kerajinan Premium Harga Perajin”. Kegiatan tersebut dibuka oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, yang juga dihadiri oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Ibu Wakil Presiden Mufidah Jusuf Kalla dan sejumlah pejabat penting lainnya.

“Jumlah pengunjung di acara KKI tahun 2018 tersebut sebanyak 10.900 orang, dengan total nilai transaksi sebesar Rp7 miliar,” ujarnya.

Dalam pameran tersebut, salah satu UMKM binaan dari KPw BI Kalteng, yaitu Kelompok Kerajinan Rotan Duta Dare merupakan satu-satunya peserta pameran yang sudah sold out sebelum pameran berakhir. Dengan total penjualan UMKM Duta Dare selama tiga hari penyelenggaraan pameran sebesar Rp46 juta dari 422 barang yang dibawa.

Sedangkan untuk Batik Benang Bintik memperoleh total penjualan sebesar Rp28 juta selama pameran KKI 2018. “Selain penjualan selama pameran, terdapat beberapa calon pembeli yang menjalin kerjasama dan pemesanan barang kepada UMKM Duta Dare,” ungkapnya.

Dikatakan dia, suksesnya penjualan kerajinan rotan tidak lepas dari peran KPw BI Kalteng dalam melakukan pembinaan untuk klaster kerajinan rotan, khususnya di Kelompok Duta Dare.

Sementara beberapa hal yang telah dilakukan terhadap klaster kerajinan rotan adalah workshop kerajinan rotan, seminar tentang pemasaran digital di tahun 2017 dan keikutsertaan seleksi oleh kurator asal Amerika untuk mengikuti pameran di New York di awal 2018. dkw

Pos terkait