Pentingnya Fasilitas Kesehatan di Mata Dewan

  • Whatsapp
iklan atas

Masih minimnya serta adanya upaya peningkatan kesehatan menjadi salah satu lini yang penting selain pendidikan. Sektor kesehatan juga memiliki andil dalam membangun Kalteng. Terkait itu kalangan DPRD Provinsi mendukung pemerintah dalam meningkatkan fasilitas kesehatan khususnya pada setiap puskesmas yang ada.

Menurut anggota Komisi C Duwel Rawing, hal itu bertujuan dalam memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Bacaan Lainnya

iklan atas

“Maka untuk mewujudkan itu, kami berharap pemerintah melalui SOPD terkait terus melaksanakan pembenahan terhadap fasilitas kesehatan,” ujarnya disela-sela rapat kerja belum lama ini.

Kondisi itu, seperti yang diharapkan oleh masyarakat di sejumlah daerah di mana masyarakat juga menginginkan adanya kelengkapan serta optimalnya fasilitas di sektor tersebut.

Dari informasi di lapangan, sampai saat ini masih banyak sarana ataupun tenaga kesehatan yang belum memadai.

Maka untuk itu legislator dari Fraksi PDIP tersebut mengatakan, melalui institusi dewan ini diharapkan pemkab ataupun pemprov dapat memperhatikan kondisi puskesmas di masing-masing wilayah yang ada. “Hingga saat ini fasilitas puskesmas yang digunakan untuk pelayanan kesehatan masyarakat masih minim,” ujarnya.

Dirinya mencontohkan ada juga di beberapa daerah, yang puskesmasnya berjumlah satu buah saja, sehingga sangat wajar apabila pihaknya berkeinginan serta mendukung adanya peningkatan fasilitas kesehatan di Kalteng itu.

Wakil rakyat dari Dapil I yang meliputi Palangka Raya, Katingan, dan Gunung Mas itu menambahkan, sejumlah kekurangan itu seperti ruang tunggu ibu hamil yang kondisinya sudah kurang layak.

Tentunya hal itu sangat memerlukan renovasi dan pembenahan. Item itu juga menjadi salah satu aspirasi, yang disampaikan oleh konstituen setempat.

Mantan Bupati Katingan dua periode itu mengatakan, tidak hanya soal fasilitas ruangan saja, namun juga kekurangan obat-obatan sebagai penunjang pelayanan bagi masyarakat di setiap hari kerja.

Dari informasi di lapangan oleh petugas puskesmas, pihaknya mengaku kekurangan tenaga dokter dan medis dalam pelayanan Pusling.

Selain itu yang terpenting tidak hanya soal peningkatan sarana, ataupun sumber daya manusianya saja. Namun juga rumah dinas bagi tenaga medis untuk bisa mendapat perhatian.

Maka untuk itu pihaknya meminta agar Pemkab setempat dapat membangun serta menyediakan sarana tempat tinggal bagi tenaga di lini itu.

“Kita berharap mereka juga mendapat perhatian, agar kinerjanya maksimal dan memudahkan mobilisasi dalam melayani masyarakat, “ ujarnya mengakhiri. didin rahmadin

iklan atas

Pos terkait

iklan atas