Data dan Informasi Statistik Sangat Penting

  • Whatsapp

NANGA BULIK/tabengan.com – Data dan informasi statistik mutlak diperlukan untuk mendukung proses pelaksanaan pembangunan di satu daerah. Sebab data dan informasi statistik itulah yang akan dijadikan pedoman dasar bagi setiap pembuat kebijakan dan pengambil keputusan untuk melaksanakan program kerjanya.

Tanpa adanya data yang jelas, maka pengambil kebijakan pasti akan sulit mendukung tujuan bersama yang ditetapkan.

Bacaan Lainnya

Demikian dijelaskan Plh Bupati Lamandau Arifin LP. Umbing, melalui Asisten II Satda Lamandau Loderman saat memberikan sambutan pada acara Focus Group Discussion (FGD) Pembahasan Data Publikasi Kabupaten Lamandau Dalam Angka 2018 di Aula Kantor Badan Keuangan Daerah (BKD), Kamis (2/8) kemarin.

“Kegiatan ini sejalan dengan amanat undang-undang nomor 25 tahun 2004, dimana setiap perencanaan pembangunan harus didasarkan pada data dan informasi yang akurat serta dapat di pertanggungjawabkan,” katanya.

Lanjut dia, data dan informasi statistik menempati posisi yang tidak dapat terpisahkan dari sebagai suatu bagian dalam proses pembangunan.

“Data dan informasi yang akurat dapat tercipta dari sistem statistik yang baik dan terimplementasikan dengan tetap dalam penyelenggaraan pemerintahan,” ujarnya.

Dengan kata lain, sambungnya, sistem statistik adalah suatu tatanan yang terdiri dari unsur-unsur kebutuhan data statistik, sumber daya, metodelogi, sarpras, penyedia data, hingga forum masyarakat statistik yang saling bekaitan hingga membentuk totalitas dalam penyelenggara statistik.

Karena dengan sistem statistik yang baik maka penyelengaranan statistik dapat memanfatkan sumber daya yang tersedia secara maksimal. Bahkan dapat terhindar dari duplikasi kegiatan oleh penyelanggara statistik.

“Dan, para konsumen data dapat memperoleh data dan informasi statistik yang dibutuhkan dengan lebih cepat dan mudah,” tukasnya.c-kar

Pos terkait