Kartu GPN Hadir di Palangka Raya

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Kartu GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) kini telah hadir di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Kepala Tim Sistem Pembayaran dan Manajemen Intern Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPw BI) Kalteng, Devy Ika Puspitosari mengungkapkan, saat ini masyarakat bisa menukarkan kartu debit lamanya dengan kartu debit baru yang berisi logo GPN di bank- bank yang ada di Palangka Raya.

“Kini masyarakat Palangka Raya telah bisa untuk menukarkan kartu debitnya dengan kartu debit berlogo GPN di bank-bank terdekat,” ungkapnya kepada Tabengan, Kamis (2/8). Menurutnya, setelah melakukan sosialisasi beberapa waktu lalu dengan perbankan yang ada di Kalteng, saat ini kartu GPN masih belum diterapkan karena terkait persoalan internal dari masing- masing bank.

Bacaan Lainnya

Namun pihak customer service bank yang ada di Kalteng berkomitmen setiap nasabah baru akan diberikan kartu debit yang sudah berlogo GPN. “Memang untuk saat ini masih belum diterapkan, tetapi cs dari masing- masing bank telah berkomitmen untuk memberikan kartu debit berlogo GPN bagi setiap nasabah baru di Kalteng,” katanya.

Untuk nasabah yang lama tetap bisa memiliki kartu debit baru dengan logo GPN. Caranya dengan mendatangi customer service di bank- bank terdekat untuk menukarkan kartunya dengan kartu debit baru berlogo GPN. Dengan menggunakan kartu debit yang berlogo GPN akan ada banyak keuntungan yang didapat. “Saat ini di Kalteng hanya sedikit masyarakat yang memiliki kartu debit berlogo GPN, namun kedepannya akan terus bertambah dan kartu debit yang lama bisa diganti dengan penukaran dengan kartu debit yang baru di bank terdekat,” tuturnya.

Meski begitu, kartu debit berlogo GPN masih belum bisa dipergunakan di luar negeri karena masih dalam proses pengembangan dan kedepannya kartu tersebut akan bisa dipergunakan di luar negeri. “Selama ini, masyarakat Indonesia menggunakan kartu dengan logo visa, mastercard, dan cirrus dan itu adalah fendor dari luar negeri yang menyebabkan devisa kita lari keluar negeri,” ujarnya.

Program ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk bertransaksi non tunai dan juga agar mengurangi perputaran uang Indonesia ke luar negeri dan kartu debit berlogo GPN ini bisa dipergunakan di seluruh EDC yang ada dengan biaya transaksi lebih murah dibandingkan dengan kartu debit yang lama. m-ybs

Pos terkait