Pasar Palagan Sari Jadi Pusat Penjualan Ternak

  • Whatsapp

PANGKALAN BUN/tabengan.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat, dalam waktu dekat ini, akan menyulap Pasar Palagan Sari jadi pusat penjualan hewan ternak. Hal itu guna membantu para peternak dalam menjual hewan ternaknya.

Bupati Kobar Hj Nurhidayah menjelaskan bangunan pasar khusus untuk penjualan hewan ternak seperti sapi dan kambing akan menggunakan areal parkiran yang ada di kawasan Pasar Palagan Sari, Pangkalan Bun.

Bacaan Lainnya

“Sebentar lagi kan kita akan memasuki Idul Adha untuk memenuhi hewan untuk berkurban pasti masyarakat akan membeli hewan untuk kurban itu maka Pemkab Kobar akan disediakan areal untuk penjual hewan kurban tersebut di Pasar Palagan Sari, tepatnya di lokasi parkir yang memang sudah tersedia sangat luas, ” katanya disela meninjau Pasar Palagan Sari, baru-baru ini.

Nantinya, sambung Bupati, Pemkab akan melibatkan asosiasi ternak untuk mengarahkan pemilik ternak menjual hewan ternaknya, khususnya hewan untuk berkurban di Pasar Palagan Sari.

“Selama ini kan para pemilik ternak pada saat menjual hewan untuk berkurban, mereka berjualan di pinggir jalan dan lokasinya berpencar-pencar. Melalui pasar ternak ini, para pemilik ternak bisa terpusat pada 1 tempat, hal itu pastinya akan memudahkan pembeli,” ujarnya.

Hal yang lebih menarik, rencananya di pasar ternak akan digelar festival ternak guna memberikan motivasi kepada pemilik ternak bagaimana cara memelihara ternak yang berkualitas baik. Sebab nantinya juga dalam festival itu akan ada ternak sapi milik beberapa perusahaan seperti CBI dan PT ASTRA Agro Lestari.

“Di pasar Palagan Sari ini, sudah kita siapkan areal khusus pecinta burung. Seiring dengan itu nantinya juga pasar burung yang ada di samping kantor Kelurahan Baru akan kita pindah disini. Maka kedepannya akan ramai, selain memang disini pasar untuk menjual sayur mayur, ikan dan lain sebagainya, disini juga pusat penjualan hewan ternak,” kata Hj Nurhidayah.c-uli

Pos terkait