Gebyar 30 Tahun Astra Agro

  • Whatsapp
iklan atas

PANGKALAN BUN/tabengan.com – Ulang tahun merupakan sesuatu yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Kata ulang tahun terkadang memberi arti yang biasa saja atau bahkan luar biasa tergantung dari cara atau bagaimana orang atau instansi yang merayakannya. Bagi sebagian orang kata ulang tahun biasanya dijadikan motivasi untuk menjadi lebih baik kedepannya.

Astra Agro yang merupakan salah satu perusahaan kelapa sawit berbeda dalam melaksanakan ulang tahunnya yang ke 30 tepat pada tanggal 03 Oktober 2018 depan. Pada ulang tahun yang ke 30 Astra Agro mengusung tema “30 Tahun Bakti Untuk Negeri” dengan empat program utama, yaitu Pelestarian Lingkungan, Ekonomi Masyarakat, Pendidikan Masyarakat dan Kesehatan Masyarakat.

Bacaan Lainnya

iklan atas

Dalam Pelestarian Lingkungan ada beberapa program yang akan dilaksanakan diantarnya tanam mangrove di 3 area 30 ribu per area, tanam 30 ribu pohon langka di 3 area dan menciptakan 30 ribu duta konservasi.

Untuk mengembangkan ekonomi masyarakat terdapat beberapa program yang akan dilaksanakan diantaranya Peremajaan 3000 ha lahan sawit mitra, pembinaan petani sawit mitra di 3000 desa sekitar, Pembiayaan “saprotan” s/d 30 millar, Bantuan 30 ribu bibit sawit, menciptakan 300 paguyuban mandiri, Tanam 3000 pohon bernilai ekonomis di 3 area, Bantuan 30 proyek budidaya ikan dan ayam.

Untuk mengembangkan pendidikan masyarakat terdapat beberapa program di antaranya mengajar selama 3000 ribu jam, Bantuan 30 ribu buku untuk 3 area, Pelatihan 3000 tenaga pengajar/guru, Perlengkapan untuk 30 taman bacaan desa, Pembentukan 30 sanggar seni dan budaya dan Pemberian beasiswa di 300 desa sekitar.

Dalam mengembangkan kesehatan masyarakat terdapat beberapa program di antaranya Donor darah sebanyak 300 kantong, Pembinaan 300 Posyandu desa di 3 area, Bantuan imunisasi kepada 3000 anak dan Sunatan masal kepada 3000 anak.

PT. Surya Indah Nusantara Pagi dan Persada Bina Nusantara Abadi yang biasa disingkat dengan PT.SINP-PBNA yang merupakan salah satu anak cabang PT. Astra Agro Lestari juga ikut andil dalam program 30 Tahun Bakti Untuk Negeri. Ada beberapa program yang sudah dilaksanakan diantaranya mengadakan pelatihan untuk tenaga pendidik yang ada di sekolah internal dan eksternal yang kegiatannya dipusatkan diaula PT.GSDI-GSYM. Ada 4 sekolah eksternal yang mengikuti kegaiatan pelatihan khusus untuk ring 1 PT.SINP-PBNA, yaitu SDN 1 Pangkut, SDN 2 Pangkut, SDN 1 Gandis dan SDN 1 Sukarame. Adapun kegiatan pelatihan terdiri dari 2 sesi, yaitu pelatihan video grafi dan pelatihan IPA Asyik. Selain platihan ada juga kegiatan donasi buku untuk sekolah yang berada di area ring 1. Pembagian buku di lakukan secara simbolis kepada 4 sekolah yang diterima oleh masing-masing kepada sekolah. Buku-buku tersebut hasil dari sumbangan Management, Guru dan mandor yang ada di PT.SINP-PBNA.

Mengingat begitu pentingnya kegiatan 30 Tahun Bakti Untuk Negeri PT.SINP-PBNA juga mengadakan gebyar 30 tahun yang acaranya di pusatkan di Aula Nusantara PT.SINP-PBNA.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan diantaranya penampilan sanggar binaan PT.SINP-PBNA, yaitu sanggar “Bagimang Panji” yang ada di kelurahan Pangkut. Penampilan yang diisi dengan penampilan tari memberikan hiburan yang menarik bagi penonton yang hadir di acara tersebut.

Selain penampilan tari dari sanggar ada juga penampilan tari dari siswa siswa SDS Surya Persada. Selain penampilan sanggar pemberian beasiswa berprestasi juga merupakan salah satu kegiatan yang diadakan pada acara tersebut, sebanyak 12 siswa SMA N 1 Arut utara dan 9 siswa dari SMPN 1 Arut utara diberikan beasiswa prestasi. Pemberian beasiswa merupkan salah satu bentuk kepedulian PT.SINP-PBNA terhadap kemajuan pendidikan yang ada di Kecamatan Arut Utara. Siswa siswi sangat antusias dalam penyerahan beasiswa tersebut. Tidak hanya beasiswa kepedulian PT.SINP-PBNA terhadap pendidikan juga diwujudkan dengan mengadakan kegiatan Astra Mengajar yang dilaksanakan di SDN 1 dan 2 Pangkut, SMAN 1 Arut Utara dan SMPN 1 Arut Utara. Kegiatan mengajar tersebut  dilakukan oleh management PT.SINP-PBNA mulai dari Administratur, Asiten Kepala dan Staff.

Siswa siswi merasa sangat senang dengan adanya kegiatan tersebut karena dapat menambah wawasan mereka tentang pengenalan kelapa sawit. Selain mengajar di sekolah juga diadakan kegiatan fieldtrip dengan melakukan kunjungan langsung ke Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit di PT.SINP-PBNA

Bentuk kepedulian yang lain terhadapat masyarakat sekitar yaitu dengan mengadakan khitanan masal kepada 35 anak. Kegiatan khitanan masal dipusatkan di Polibun Kita PT.SINP-PBNA.

Selain sunatan masal juga di adakan donor daral masal yang diikuti oleh 50 pendonor. Ada juga kegiatan pembinaan posyandu yang dilakukan oleh kader-kader posyandu yang bekerja sama dengan dokter dan medis yang ada di Polibun Kita.

Begitu banyak kegiatan yang dilakukan untuk memeriahkan 30 tahun Astra Agro, 30 Tahun Bakti Untuk Negeri. Semoga Astra Agro semakin jaya.

“30 Tahun Bakti Untuk Negeri”
GELAR program utama, yaitu Pelestarian Lingkungan, Ekonomi Masyarakat, Pendidikan Masyarakat dan Kesehatan Masyarakat
1.Tanam mangrove di 3 area 30 ribu per area, tanam 30 ribu pohon langka di 3 area dan menciptakan 30 ribu duta konservasi

2.Mengembangkan ekonomi masyarakat terdapat beberapa program yang akan dilaksanakan diantaranya Peremajaan 3000 ha lahan sawit mitra, pembinaan petani sawit mitra di 3000 desa sekitar, Pembiayaan “saprotan” s/d 30 millar, Bantuan 30 ribu bibit sawit.

3.Menciptakan 300 paguyuban mandiri, Tanam 3000 pohon bernilai ekonomis di 3 area, Bantuan 30 proyek budidaya ikan dan ayam.

4.Mengembangkan pendidikan masyarakat terdapat beberapa program di antaranya mengajar selama 3000 ribu jam, Bantuan 30 ribu buku untuk 3 area, Pelatihan 3000 tenaga pengajar/guru, Perlengkapan untuk 30 taman bacaan desa, Pembentukan 30 sanggar seni dan budaya dan Pemberian beasiswa di 300 desa sekitar.

5.Dalam mengembangkan kesehatan masyarakat terdapat beberapa program di antaranya Donor darah sebanyak 300 kantong, Pembinaan 300 Posyandu desa di 3 area, Bantuan imunisasi kepada 3000 anak dan Sunatan masal kepada 3000 anak.

CSR Tidak Terpisahkan Dari Bisnis Astra Grup
Tanggung jawab perusahaan yang diwujudkan dalam 4 pilar kegiatan diantaranya pendidikan, lingkungan, kesehatan dan kewirausahaan memiliki peran yang sangat penting tidak hanya bagi masyarakat, namun pola ini telah menjadi salah satu unit bisnis yang melekat di dalam operasional perusahaan itu sendiri.

Empat pilar konsep tanggung jawab perusahaan ini telah menjadi salah satu komitmen bagi perusahaan Grup Astra untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. Masyarakat membutuhkan kehadiran perusahaan agar kegiatan perekonomian dan aktivitas lain, terutama yang berhubungan dengan akses layanan publik dapat terpenuhi.

Sebagai bagian dari Grup Astra yang terkenal memiliki semangat Prosper with The Nation-nya ini, perusahaan memiliki komitmen untuk sejahtera bersama masyarakat dimanapun berada. Hal ini dapat kita lihat dari konsistensi Grup Astra, tidak hanya dalam menjaga operasional bisnis yang luar biasa, namun juga aktivitas yang sifatnya kepada pengembangan masyarakat.

Di daerah Umpang, Nanga Mua dan Pangkut, masyarakat telah sekian lama menjalankan sinergi dengan perusahaan dalam konsep penerapan tanggung jawab perusahaan ini.

Hari ini, (Jumat, 20 Juli 2018) digelar pelatihan kader posyandu,yang secara rutin kegiatan ini dilakukan oleh PT Surya Indah Nusantara Pagi (SINP), salah satu anak perusahaan Grup Astra Agro yang berlokasi di Kabupaten Pangkut, dengan pembicara dari Subdit Bagian Promkes Dinas Kesehatan Kota Waringin Barat.

Tanggung Jawab Perusahaan Sepanjang Jalan
Seperti yang sebelumnya dijelaskan, bahwa sejatinya kegiatan-kegiatan CSR bukan hanya sekedar slogan saja, ataupun seremonial yang sesekali dilakukan di Astra Agro Lestari. Jika kita tengok ke belakang, program-program apa saja yang dilakukan oleh Astra Agro di Kalimantan Tengah khususnya, mungkin sudah banyak sekali.

Masyarakat sendiri beberapa sering diajak untuk mengikuti dan menyaksikan secara langsung bagaimana konsep CSR itu benar-benar diterapkan secara langsung dan berkelanjutan. Hari ini, selain mengadakan pelatihan kepada kader-kader posyandu, PT SINP juga melakukan perbaikan infrastruktur.

Istilahnya, Di mana bumi di pijak, di situ langit dijunjung, maka tanggung jawab Astra kepada masyarakat adalah sepanjang jalan. Yulia

iklan atas

Pos terkait

iklan atas