Hari Lansia Nasional Kembali Diperingati

  • Whatsapp
iklan atas

SUKAMARA/tabengan.com – Ratusan lanjut usia yang dibagi beberapa regu di Kabupaten Sukamara mengikuti acara puncak Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Ke-37, yang dilaksanakan di Gawi Barinjam Sukamara, kemarin.

Pelaksana Harian Bupati Sukamara H Sutrisno mengatakan, Komda Lansia sebagai kelembagaan merupakan wadah strategis dalam upaya melakukan pembinaan kepada lansia secara holistik, baik dari aspek kesehatan fisik dan mental, maupun dalam upaya meningkatkan kegiatan sosial keagamaan.

Bacaan Lainnya

iklan atas

“Karena pada fase ini, para lansia telah mengalami berbagai penurunan kemampuan, baik aspek fisik, mental dan sosial, sehingga berdampak pada menurunnya aktivitas dan produktivitas. Di sisi lain, lanjut usia telah melalui perjalanan hidup yang panjang, memiliki pengetahuan, pengalaman yang luas dan kearifan, hal ini merupakan kualitas sumberdaya yang tidak dapat ditemui dalam kelompok lainnya,” kata Sutrisno.

Menurutnya, dalam upaya pemerintah meningkatkan kesejahteraan lansia, Komda Lansia Kabupaten Sukamara telah membentuk kelembagaan ke tingkat kecamatan. Sebab itu, diharapkan para camat dapat bekerja sama dengan UPTD Puskesmas agar bisa memantau kesehatan para lansia yang ada di setiap kecamatan.

Selain itu, kerja sama lain yang perlu dijalin juga dengan Kantor Urusan Agama, tim penggerak PKK kecamatan agar terus mengembangkan kegiatan ini, dengan selalu berkoordinasi dengan instansi terkait di tingkat kabupaten, sehingga pelayanan kepada lansia tetap selalu berkesinambungan.

Ia mengatakan, upaya lain Pemkab Sukamara untuk meningkatkan kesejahteraan lansia dengan pemberian jaminan sosial sebesar Rp300 ribu perbulan kepada lansia yang tidak potensial selama seumur hidupnya, tidak hanya itu dalam bidang kesehatan para lansia juga menerima pelayanan gratis di Puskesmas dan jajarannya.

“Melalui kegiatan tersebut diharapkan masyarakat untuk terus berupaya memberikan peluang kepada lansia untuk tetap sehat agar dapat terus berpartisipasi dalam membangun dan memperoleh jaminan sosial di hari tua,” ungkap Sutrisno.

Ditambahkan, dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh Komda Lansia, diharapkan para lansia yang ada di Kabupaten Sukamara mendapat perhatian yang serius sehingga mereka dapat menjalani kehidupan dengan tersenyum. c-gus

iklan atas

Pos terkait

iklan atas