Kalampangan, Kawasan Penghasil Sayuran di Palangka Raya

2
sayur kalampangan

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Kelurahan Kalampangan, Kecamatan Sebangau, Kkota Palangka Raya secara perlahan namun pasti mampu menjadi kawasan pemasok sayuran untuk Kota Palangka Raya dan sekitarnya.

Pantauan Tabengan beberapa waktu lalu di kawasan tersebut, terdapat begitu ragam komoditi perkebunan milik masyarakat, mulai dari kangkung, jagung, melon, hingga buah naga pun mampu tumbuh di kawasan berpasir tersebut.

Seorang petani di kawasan tersebut, Siti menuturkan jika ia dan suaminya menanam beragam sayuran dan buah-buahan, mulai dari labu, daun bawang, hingga buah naga. Tanah tersebut, awalnya hanya berupa semak belukar yang gersang namun berkat kepiawaiannya kini iapun mampu bercocok tanam dengan baik.

“Saya dan suami awalnya diminta untuk menjaga tanah ini dan kami olah menjadi perkebunan dan awalnya kawasan ini hanya berupa semak belukar saja mas,“ tuturnya.

Menurut Siti, kawasan semak belukar dan berpasir di kawasan itu bisa saja disulap menjadi lahan pertanian yang subur, asalkan memiliki keinginan yang kuat dan semangat yang tinggi disertai energi yang ekstra. Setelah lahan dibuka, selanjutnya baru direncanakan akan ditanami tumbuhan apa dan kemudian baru disediakan pupuk untuk menyuburkan tanah.

“Perlu tenaga ekstra untuk menyulap kawasan berpasir menjadi lahan perkebunan, dan hal itu bisa saja dilakukan asal ada keinginan,” katanya.

Selama ini, Kota Palangka Raya dikenal sebagai kota yang selalu bergantung pada daerah lain untuk memenuhi kebutuhan akan sandang, pangan, dan papan. Salah seorang pedagang sayuran di Pasar Besar Palangka Raya, Yanti mengungkapkan jika saat ini sayuran yang dijualnya sebagian berasal dari daerah Kalampangan dan Tangkiling.

“Sayuran yang saya jual ini sebagian dari Kalampangan dan Tangkiling saja mas,” ungkapnya.

Disamping itu, iapun mengatakan, jika hanya sayuran seperti kentang, wortel, beberapa jenis cabai, kol memang masih dipasok dari luar kota Palangka Raya. Iapun berharap jika kawasan seperti Kalampangan bisa untuk ditambah lagi, sehingga kota ini bisa memenuhi kebutuhannya sendiri.

“Saya berharap agar kota ini (masyarakatnya) bisa lebih mandiri dalam memenuhi kebutuhannya,” harapnya. m-ybs

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.