Pendaftaran Legislatif, 3 Parpol Dinyatakan Submit

11
pendaftaran caleg nasdem kalteng ke kpu
Ketua KPU Kalteng Harmain Ibrohim dan Komisioner KPU Kalteng Sastriadi, saat menyerahkan dokumen salah satu Parpol yang dinyatakan submit, di kantor KPU Kalteng, Senin Siang (16/7). TABENGAN / YOHANES

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Pendaftaran bakal calon anggota DPRD Kalteng di H-1 atau sehari jelang penutupan pendaftaran, ada 3 partai politik (parpol) yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalteng. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai NasDem, dan Partai Amanat Nasional (PAN). Ketiga partai yang mendaftar pada Senin (16/7) di Kantor KPU Kalteng ini, dinyatakan submit, dan mendapatkan tanda terima. Selanjutnya, KPU Kalteng akan melakukan verifikasi berkas calon, yang nanti hasilnya akan diserahkan, apakah sudah sesuai atau masih perlu dilakukan perbaikan.

Pendaftaran ketiga parpol ini sendiri, hampir bersamaan. Dimana Partai Hanura dan Partai NasDem bersamaan mendaftar pada pukul 13.00 Wib, sementara PAN mendaftar pada pukul 14.00 Wib. Partai Hanura dan Partai NasDem terlebih dahulu dinyatakan submit, sementara PAN baru dinyatakan submit pada pukul 17.00 wib, karena ada perbaikan yang terlebih dahulu dilakukan.

Ketua KPU Kalteng, Harmain Ibrohim, menjelaskan ada 3 partai yang mendaftar pada H-1 ini. ketiganya sudah dinyatakan submit, dan dapat dilakukan verifikasi lanjutan. Sebagai awal, KPU Kalteng akan melakukan pemeriksaan syarat pencalonan, baru kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan syarat calon. Syarat pencalonan itu sendiri, merupakan syarat yang diwajibkan bagi partai politik. Sementara untuk syarat calon, merupakan syarat untuk mereka yang mencalonkan diri menjadi anggota legislatif.

“Verifikasi dilakukan sampai dengan H-1, nanti hasil verifikasi akan diberikan pada 19-21 Juli 2018. Partai politik diberikan waktu dari tanggal 22-31 Juli 2018 untuk melakukan perbaikan. Hasil verfikasi akan disampaikan kepada para partai politik, perihal apakah terdapat kekurangan, atau semuanya sudah memenuhi syarat dalam proses verifikasi pencalonan dalam keikutsertaan dalam pemilihan legislatif tahun 2019 mendatang,” kata Harmain, saat dibincangi terkait dengan pendaftaran pemilihan legislatif di kantor KPU Kalteng.

Hari ini (kemarin), lanjut dia, memang baru 3 partai yang mendaftar, masih ada beberapa partai lagi yang nanti akan mendaftar. Mengatasi antrian yang cukup besar, KPU Kalteng akan membentuk tim tambahan demi mengantisipasinya. Pendaftaran sendiri, karena merupakan hari terakhir akan dibuka sampai pukul 24.00 wib.

Sementara itu, Ketua DPW Partai NasDem Kalteng, Faridawaty Darland Atjeh, optimistis dengan hasil pemilihan tahun 2019 mendatang. Sesuai dengan target nasional, Partai NasDem peringkat 3 nasional, dan menang besar. Partai NasDem sudah melakukan berbagai tahapan, dalam menentukan caleg-calegnya yang akan duduk disetiap tingkatan. Tahapan yang sudah dilakukan inilah, membuat Partai NasDem optimis akan meraih 3 besar nasional, dan menang besar.

“Kita menargetkan raihan kursi yang lebih besar dibandingkan periode sebelumnya. Target Partai NasDem Kalteng adalah 10 kursi ditingkat DPRD Kalteng. Kader-kader yang sudah dipilih, merupakan putra-putri terbaik Kalteng, yang nantinya akan menjabat DPRD Kalteng. Selain itu, KPU Kalteng sudah menyatakan submit atas persyaratan yang diajukan,” kata Farida.

Hal senada juga disampaikan Ketua DPW PAN Kalteng, Darwan Ali. Dia tegaskan, bahwa PAN Kalteng siap untuk bertarung dalam pemilihan legislatif tahun 2019, dan menjadi pemenang. Kader-kader yang diusung PAN merupakan kader yang sudah mengikuti tahapan-tahapan, sehingga bisa masuk dalam daftar calon anggota legislatif DPRD Kalteng yang diajukan PAN.ded

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.