Tenaga Penyuluh Peternakan Masih Kurang

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) menyarankan pemerintah untuk menambah tenaga penyuluh peternakan di wilayah ini masing kurang. Padahal, sangat dibutuhkan untuk pengembangan peternakan di Bumi Tambun Bungai agar bisa berjalan maksimal.

Hal ini juga sejalan dengan permintaan masyarakat di sejumlah daerah di Kalteng, yang meminta agar di wilayah mereka ditempatkan tenaga penyuluh pertanian.

Bacaan Lainnya

Anggota DPRD Kalteng dari daerah pemilihan (Dapil) III, meliputi Kabupaten Kotawaringin Barat, Lamandau, dan Sukamara Hj Prihati Titik Mulyani mengatakan, sejumlah masyarakat di daerah pemilihan III mengharapkan kepada pemerintah untuk menempatkan penyuluh peternakan di wilayah mereka.

Salah satu permintaan ini disampaikan oleh masyarakat Desa Sungai Cabang, Kecamatan Kumai, Kobar. “Masyarakat Sungai Cabang mengeluhkan minimnya petugas penyuluh peternakan yang bisa datang untuk memberikan bimbingan dan penyuluh kepada para peternak,” kata Titik, saat menyampaikan hasil reses di gedung Dewan, beberapa waktu lalu.

Diungkapkan di Desa ini banyak ternak sapi ataupun kambing, namun karena minimnya penyuluh peternakan sehingga ketika ternak warga terserang penyakit, mereka kewalahan untuk mengatasinya. “Mereka mengalami kesulitas untuk mengatasi dan mengobati penyakit tersebut karena kurangnya pengetahuan yang mereka miliki mengenai penyakit ternak mereka,” ungkap Titik.

Bahkan, ada kejadian di Desa tersebut, dimana seorang peternak yang kehilangan 40 ekor kambing, hal ini terjadi karena minimnya pengetahuan masyarakat. “Kejadian beberapa waktu lalu, dimana ada salah satu peternak yang terpaksa kehilangan ternak kambingnya yang mati sebanyak 40 ekor akibat terserang penyakit secara tiba-tiba. Oleh karena itu mereka bermohon kepada dinas terkait untuk membantu dan lebih memperhatikan kebutuhan para peternak khususnya ketersediaan tenaga petugas penyuluh peternakan,” pungkas Anggota Komisi C DPRD Kalteng ini. sgh

Pos terkait