Pasca Lebaran, Harga Sayuran dan Ayam Berfluktuasi

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Harga sayuran dan daging ayam di kota Palangka Raya pasca lebaran, masih berfluktuasi. Pantauan Tabengan, Selasa (19/6), di beberapa pasar di dalam kota, harga sayur mulai turun. Seorang pedagang sayuran dan daging ayam di Pasar Besar, Yanti, mengungkapkan saat malam lebaran terjadi kenaikan harga sayuran, namun saat ini mengalami penurunan harga. Daging ayam justru mengalami kenaikan sedikit dari Rp48 ribu menjadi Rp50 ribu.

Saat ini harga kol Rp15 ribu/kg, kentang Rp30 ribu/Kg, timun Rp15 ribu/kg, sawi putih Rp5 ribu/ikat, daun bawang Rp40 ribu/kg. Kenaikan terjadi pada komoditas daun bawang yang harga sebelumnya Rp20 hingga Rp25 ribu kini naik menjadi Rp40 ribu. “Saat ini sayuran yang mengalami kenaikan hanya daun bawang saja mas,” tuturnya.

Bacaan Lainnya

Menurut Yanti, kondisi semacam ini memang kerap kali terjadi setelah hari raya lebaran. Ini juga tergantung pada sisi permintaan dari masyarakat, apabila permintaan masyarakat begitu tinggi namun ketersediaan barang tebatas maka akan menimbulkan kenaikan harga.

Sementara, seorang pedagang di Pasar Kahayan Palangka Raya, Lina, mengungkapkan kondisi harga sayuran saat ini dalam keadaan normal. Untuk harga sayuran wortel eceran Rp18 ribu/Kg, sementara wortel yang dijual partai Rp15 ribu/Kg, kentang Rp20 ribu/Kg, kol 15 ribu/Kg, daging ayam Rp 50 ribu/Kg. “Kondisi harga sayuran terkini di Pasar Kahayan dalam keadaan normal, namun saya tidak tahu kondisi beberapa waktu ke depan apakah akan terjadi kenaikan atau malah sebaliknya,” ungkapnya.

Sayuran yang dijual di Pasar Kahayan tersebut dibeli secara partai dari Pasar Besar Palangka Raya, kemudian ketika dijual di Pasar Kahayan terjadi kenaikan harga sekitar Rp2 hingga Rp3 ribu. Kemudian beberapa jenis sayuran didatangkan dari Kalampangan maupun luar daerah Kalimantan Tengah. m-ybs

Pos terkait