Asprov PSSI Akan Gelar Penataran Wasit C2 dan PP

61
penataran wasit pssi
Ketua Komite Wasit Asprov PSSI Kalteng, Hatir Sata Tarigan (batik) menggelar pertemuan koordinasi panitia persiapan pelaksanaan penataran wasit C2 dan PP di ruang rapat Bidang Prestasi KONI Provinsi Kalteng, Kamis (7/6). TABENGAN/LIU

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Komite Wasit yang diketuai Hatir Sata Tarigan akan menjalankan program kerjanya di tahun 2018 ini, salah satunya upaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM). Menyadari akan minimnya wasit berlisensi C2 dan Pengawas Pertandingan (PP).

“Untuk wasit C2 dan PP, kita memang masih minim dan sangat kurang. Karena itu, kita akan melaksanakan penataran wasit C2 dan penataran Pengawas Pertandingan se Kalimantan Tengah,” kata Ketua Umum Asprov PSSI Kalteng Leonard S. Ampung melalui Hatir didampingi Wakil Ketua Komite Wasit Warda Rocky M. Dahan, dalam rapat koordinasi panitia yang dilaksanakan di ruang rapat Bidang Prestasi KONI Provinsi di Palangka Raya, Kamis (7/6).

Untuk kedua agenda tersebut, Hatir menjelaskan rencananya akan dilaksanakan mulai 3-8 Juli 2018 di Palangka Raya. Peserta rencananya akan dibatasi. Peserta penataran wasit rencananya 48 orang dan untuk PP 14 orang. Kendati demikian, tentu saja akan menyesuaikan dulu dengan kuota yang tersedia. Kalaupun nantinya ada banyak peserta yang mau ikut, akan coba diakomodir.

“Kami berharap peran aktif Askab/Askot untuk memfasilitasi kegiatan tersebut. Terus terang saja, jika sudah banyak SDM, mereka inilah yang akan kita berdayakan dan maksimalkan memimpin penyelenggaraan kompetisi sepakbola lokal yang ada di Bumi Tambun Bungai,” sambung Kiki yang juga menjabat Ketua Harian KONI Kota Palangka Raya.

Sementara panitia lainnya H. Saptono menjelaskan, untuk persyaratan wasit diantaranya, lulusan SLTA, umur 30 tahun ke bawah 30 orang, umur 30 tahun ke atas 18 orang, membawa peralatan wasit seperti sepatu bola/sepatu wasit, pluit, bendera, kartu kuning, kartu merah dan peralatan wasit yang diperlukan lainnya.

”Sedangkan untuk persyaratan Pengawas Pertandingan (PP) diantaranya, lulusan SLTA, membawa jas, kemeja putih dan celana panjang warna hitam,”ucap H. Saptono yang kini aktif menjabat match Commisioner nasional dan baru saja memiliki sertifikasi Instruktur dari perwasitan Asesor Referee (penilai wasit) ini.yml

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.