Belasan Sajam Rakitan Ditemukan di Lapas

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Belasan senjata tajam rakitan masih ditemukan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Palangka Raya. Benda-benda tersebut ditemukan petugas Lapas dalam kurun waktu 2 minggu terakhir dalam giat pemeriksaan rutin. Menariknya, berbagai upaya dilakukan narapidana untuk bisa memperoleh dan memiliki sajam. Diantaranya dengan memanfaatkan korek api sebagai gagang dan bilah sendok makan yang diruncingkan sebagai mata pisau. Tak hanya itu, benda berbahaya lain seperti gunting, gergaji dan besi pun turut diamankan.

“Benda-benda sajam ini merupakan hasil giat kita selama 2 pekan terakhir. Kemudian hari ini, kita kembali menemukan 2 belati,” ucap Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Lukman, Senin (28/5) siang.

Bacaan Lainnya

Disebutkan, rata-rata sajam yang ditemukan petugas berada di luar blok hunian narapidana. Dimana sajam disembunyikan di sekitar kawasan blok seperti dipendam didalam tanah maupun dalam pot bunga.

“Mereka tidak menyimpan didalam blok hunian, melainkan diluar. Di dalam tanah maupun pot-pot bunga,” urainya.

Lukman pun menerangkan, dari keterangan sejumlah narapidana yang diketahui sebagai pemilik sajam, benda tersebut sengaja dibuat untuk berjaga-jaga. “Giat pemeriksaan merupakan hal rutin bagi Lapas. Untuk menghindari terjadinya keributan. Sanksi bagi pemilik saja akan ditempatkan di sel isolasi,” tegasnya.fwa

Pos terkait