Lingkar Luar Potensial Kawasan Perkebunan

3
Kebun Sengon di Lingkar Luar
Salah satu kawasan perkebunan Sengon di Jalan Lingkar Luar kota Palangka Raya. Gambar diambil baru-baru ini. TABENGAN/BENNY

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Kawasan Jalan lingkar luar kota Palangka Raya sangatlah potensial dijadikan kawasan perkebunan. Kawasan ini miliki tanah yang subur apabila diolah dengan baik, sehingga bisa dimanfaatkan menjadi perkebunan. Seorang petani di kawasan tersebut, Mama Yoga mengungkapkan, kawasan lingkar luar kota Palangka Raya cocok ditanami berbagai macam tanaman.

“Misalnya saja kita di sini bisa menanam kelapa sawit, karet kemudian bisa juga menanam sengon lalu bisa juga menanam gaharu, sayur-sayuran dan lain-lain,” ungkapnya, pecan kemarin. Masyarakat kota Palangka Raya harus bisa untuk memanfaatkan lahan kosong yang ada di sekitarnya untuk dijadikan kawasan perkebunan skala kecil, sehingga dengan demikian bisa untuk memenuhi kebutuhan sayuran harian dari masyarakat itu sendiri.

“Ya, paling tidak akan bisa untuk memenuhi kebutuhan harian sehingga tidak perlu membeli, tetapi kalau misalnya hasilnya luar biasa besar ya bisa untuk dijual,” tuturnya. Seorang pedagang sayur di Jalan G Obos Palangka Raya, Amat, mengakui sayur Ia jual berasal dari luar daerah. Hal tersebut terjadi karena pasokan sayuran dari dalam kota Palangka Raya sangatlah sedikit, dan itu pun harus berebut dengan para pedagang lainnya.

“Sayur yang saya jual ini berasal dari luar daerah semuanya, kalaupun ada sayur yang berasal dari dalam kota sendiri, itupun sebetulnya tidak mencukupi kebutuhan kita. Belum lagi terkadang juga harus berebutan dengan teman-teman pedagang lainnya,” ungkapnya. Walaupun kondisi tanah Kota Palangka Raya berpasir dan dipenuhi gambut, tetapi apabila bisa diolah dengan baik maka akan bisa dipergunakan untuk bercocok tanam. m-ybs

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here