Tingkatkan kecepatan internet, Facebook gandeng Qualcomm

30
Tingkatkan kecepatan internet, Facebook gandeng Qualcomm - ANTARA News Kalimantan Tengah

Jakarta/tabengan.com – Facebook menggandeng Qualcomm untuk menyediakan teknologi untuk proyek Wi-Fi yang ditujukan untuk membuat pengiriman data melalui router lebih efisien dan meningkatkan kecepatan internet.

Proyek ini dinamai Terragraph Project dan sudah mulai dikembangkan sejak Facebook pertama kali mengumumkannya di konferensi pengembang tahunan Facebook pada 2016.

Proyek ini digambarkan sebagai “sistem nirkabel multi-node yang ditujukan untuk membawa konektivitas internet berkecepatan tinggi ke daerah perkotaan yang padat.”

Chipset Qualcomm terbaru akan diintegrasikan dengan teknologi Terragraph sehingga produsen dapat dengan mudah meningkatkan router untuk dapat mengirim data pada frekuensi 600GHz, yang akan meningkatkan koneksi broadband ke kecepatan yang lenbih tinggi.

Dilansir dari The Verge, juru bicara Qualcomm menggambarkannya sebagai solusi untuk daerah pedesaan dan daerah perkotaan yang hanya memiliki Wi-Fi di wilayah tertentu.

Uji lapangan akan dimulai pada pertengahan tahun depan, namun tidak ada kabar kapan Terragraph akan benar-benar dirilis.

Qualcomm juga baru saja mengumumkan chipset 5G untuk produsen ponsel dan operator telepon. Qualcomm sudah bekerja sama dengan mitra “akses awal.”

Tidak ada kabar tentang siapa operator tersebut, namun mengingat kemitraan sebelumnya, kemungkinan Nokia dan Samsung termasuk di dalamnya. Sampel chipset akan tersedia tahun depan, yang berarti bahwa peluncuran produk akan terjadi jauh dari itu, demikian The Verge.

Sumber Antara

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here