Jalan Rusak Jadi “Berkah”, Warga Buka Penyeberangan Ferry

32
Ferry Bereng Bengkel
Inilah perahu jenis kelotok yang dimanfaatkan warga sebagai ferry penyeberangan bagi warga yang hendak menuju Kelurahan Bereng Bengkel, Kecamatan Sebagau, Palangka Raya. Gambar diambil Rabu (16/5). TABENGAN/BENNY

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Akses jalan darat menuju Kelurahan Bereng Bengkel, Kecamatan Sebangau, kota Palangka Raya Kalteng, rusak parah. Jalant tersebut berlubang cukup besar, sehingga susah dilalui kendaraan roda dua jenis matic. Di lain sisi, ini justru mampu dimanfaatkan masyarakat sekitar yang memiliki kelotok untuk mengais rejeki.

Mereka membantu menyeberangkan warga ke Kelurahan Bereng Bengkel melalui rawa yang terletak di dekat wilayah tersebut. “Kondisi jalan darat menuju ke Desa Bereng Bengkel kini sangat memprihatinkan karena jalannya banyak berlubang dan sangat susah untuk dilalui, maka warga harus menggunakan ferry untuk menyeberang,” kata seorang pemilik kapal ferry,Tanto, Rabu (16/5).

Saat ini kendaraan jenis sepeda motor matic tidak bisa melalui jalan ke Bereng Bengkel. Hanya sepeda motor bebek dan sepeda motor trail yang bisa untuk melewati jalan tersebut walaupun dengan susah payah. Ini dimanfaatkan warga untuk membuka jasa penyeberangan ferry. “Kalau sepeda motor matic jelas tidak bisa melalui jalan tersebut sedangkan kalau kendaraan jenis lainnya bisa saja melaluinya namun harus dengan susah payah juga, makanya kami menyediakan ferry untuk membantu warga,” bebernya.

Satu kali menyeberang sepeda motor dipatok tarif Rp10 ribu. Tanto mengakui kondisi semacam ini mampu memberikan berkah bagi Ia dan masyarakat lainnya untuk mengais rezeki melalui jasa ferry penyeberangan ini. Seorang pelanggan kapal Ferry tersebut, Ranti menuturkan, Ia merasa terbantu dengan adanya ferry penyeberangan ini karena setiap hari Ia harus pulang pergi Bereng Bengkel- Palangka Raya untuk bekerja dan pulang sore hari, sehingga tidak mungkin untuk mau berlama-lama berada di kubangan lumpur jalan tersebut. Ia lebih memilih menggunakan ferry penyeberangan tersebut. m-ybs

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here