Pesepakbola Kalteng Masuk Timnas U-19

177
M Iqbal Baihaqi
M Iqbal Baihaqi (Biru) saat merebut bola dengan lawan di turnamen antar pelajar dunia di Iran pada 2017, dan menjadi kapten untuk tim Indonesia. IST

PALANGKA RAYA – Masyarakat di Bumi Tambun Bungai khususnya pecinta sepakbola patut berbangga, pasalnya, 28 pemain Timnas U-19 yang dipanggil Indra Safri untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) yang digelar di Yogyakarta, 19-27 Mei, ada salah satu pesepakbola kelahiran Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Pemain tersebut atas nama M Iqbal Baihaqi.

Ketika dihubungi Tabengan, Kamis (17/5), pemain yang biasa sapa Iqbal ini mengaku sangat senang dan bangga bisa dipanggil untuk mengikuti TC persiapan Piala AFF U-19. Pemain berposisi bek kanan ini berharap bisa bisa menembus skuad inti. Untuk itu ia siap untuk menunjukkan seluruh kemampuan yang dimilikinya.

“Alhamdullilah, saya senang dan bangga bisa dipanggil Timnas U-19 untuk TC di Yogyakarta. Mohon dukungan dan doa masyarakat Kalteng sehingga saya bisa tembus skuad inti,” kata Iqbal.

Menurut Iqbal, jika persaingan untuk tembus skuad inti tidaklah mudah, posisi bek kanan itu diisi pemain bagus sehingga persaingan sangat ketat. Namun, itu bukanlah kendala baginya. Ia optimis bisa bersaing dan dapat bermain di posisinya itu. Untuk itu harus fokus, konsentrasi terhadap latihan yang diberikan pelatih dan menunjukkan penampilan yang terbaik.

Sementara itu, mantan pembina sekaligus pemilik Sekolah Sepakbola (SSB) Bina Bakat Pangkalan Bun, Anto Suparto mengatakan, sangat bangga karena salah satu mantan anak didiknya bisa dipanggil untuk ikut TC Timnas U-19 di Yogyakarta. Ini merupakan suatu kebanggaan bagi persepakbolaan Kalteng.

“Puji syukur kepada Allah, Tuhan Yang Maha Esa, suatu kebanggaan bagi persepakbolaan Kalteng, satu lagi putra terbaik Kalteng di bidang olahraga khususnya sepakbola, terpanggil di Timnas U-19 asuhan coash Indra Safri,” imbuh Anto.

Dijelaskan Anto, sejak masih kelas 4 SD Iqbal dibina di SSB Bina Bakat selama kurun waktu 6 tahun dan sangat disayangkan SSB tersebut harus bubar, karena tidak ada perhatian dari pemerintah daerah. Sejumlah prestasi sudah diraih oleh Iqbal seperti pemain terbaik O2SN di Kalteng pada 2012, pemain terbaik Liga Pelajar Indonesia 2014 Provinsi Kalteng, dan prestasi lainnya.

Diakuinya sangat bersyukur dan bangga atas prestasi yang telah dicapainya oleh mantan anak didiknya, selain dipanggil untuk TC Timnas, juga baru satu minggu yang lalu menandatangani kontrak oleh Sriwijaya FC U-19. Anto mendoakan Iqbal sukses dalam karir sepakbolanya, tidak berpuas diri, tetap serius berlatih sehingga kedepan bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri, menjadi aktor kesuksesan Kalteng putra sehingga membawa lolos ke Liga 1.

Prestasi Iqbal ini, Anto berharap menambah semangat pesepakbola lainnya dari Pangkalan Bun dan secara umum di Kalteng. Dengan prestasi ini, semakin membuka mata pelatih dan pembina sepakbola serta pemerintah kabupaten dan Provinsi Kalteng, bahwa anak Kalteng bisa dan mampu menembus ke level nasional maupun internasional. yml

PROFIL
Nama: M Iqbal Baihaqi
TTL:Pangkalan Bun, 5 Juli 2000.
Nama Ortu: Ayah:Jumadi (alm), Ibu:Jumiati (alm)
Pendidikan:SDN Sidorejo Arut Selatan, SMPN 2 Arut Selatan, SMA Ragunan.
Karir Sepakbola:SSB Bina Bakat Kalteng, Sekolah Atlet Ragunan.
Prestasi:Pemain terbaik O2SN di Kalteng 2012, Pemain terbaik Liga Pelajar Indonesia 2014 provinsi Kalteng,Pemain Terbaik Liga Pelajar Menpora 2015, Kapten timnas pelajar Indonesia di Iran pada 2017.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here