Parade Syair Maulid Habsyi Meriah

46
parade maulid habsyi piala aries habib
Aries M Narang dan Habib Fawzi foto bersama para juara Parade Maulid Habsyi Piala Aries Habib

PALANGAKA RAYA/tabengan.com – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan, pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palangka Raya, Aries M Narang-Habib Said Fauzi Bachsin, menyelenggarakan Parade Syair Maulid Habsyi se-Kota Palangka Raya.

Kegiatan Parade Syair Maulid Habsyi yang memperebutkan trofi Aries-Habib ini disambut dengan sangat antusias oleh warga. Hal ini dapat dilihat dari padatnya masyarakat yang menonton dan mengikuti kegiatan, Selasa (8/5) lalu.

Parade Syair Maulid Habsyi ini diikuti oleh 24 peserta yang dibagi menjadi 3 kategori. Masing-masing kategori putra, kategori putri, dan kategori ibu-ibu pengajian. Setiap kelompok kategori putra dan putri harus membawakan 2 syair, 1 syair wajib dan 1 syair bebas. Syair wajib adalah Ya Sayyidasadati, Rabbi Khalaq, Ya Nabinal Hadi, dan Hama Qolbi, dan khusus kategori ibu-ibu pengajian, 2 syair yang dibawakan bersifat bebas atau tidak ada syair wajib yang harus dibawakan.

Juri mengatakan bahwa dasar penilaian yang paling utama adalah Makhorijul Huruf, karena apabila syair tidak sesuai antara yang tertulis dan apa yang dibaca bisa salah arti. Selain itu, juri juga memerhatikan kualitas vokal dan penghayatannya serta keharmonisasian antara vokal dan terbang atau rebana.

Pada Kategori Ibu-ibu, juara pertama dimenangkan oleh group Thariqatul Jannah, juara kedua oleh group Assyamsuwalqamar dan juara ketiga oleh group Al-Hikmah. Untuk Kategori Putra, juara pertama dimenangkan oleh group Al-Istiqomah, juara kedua group Mahabbaturratul Putra, dan juara ketiga group An-Najmi. Untuk kategori Putri, juara pertama dimenangkan oleh group Assyifa Qalbi, juara kedua group Mahabbaturrasul, dan juara ketiga group Al-Munawarah.

Calon Wali Kota Palangka Raya Aries M Narang mengatakan, dengan berjumpa dan bersilahturahmi dengan warga, dirinya merasa sangat bahagia. Di tahun yang akan datang, PDI Perjuangan akan selalu dekat dengan masyarakat dan pelaksanaan kegiatan seperti ini akan terus diselenggarakan.

Pada kesempatan itu, Calon Wakil Wali Kota Palangka Raya Habib Said mengatakan, parade syair habsyi ini sebagai bukti bahwa sinergi antara nasional dan religi dapat berjalan dengan baik, sehingga kehidupan yang damai dan tenang antar sesama umat manusia dan sesama umat Muslim dapat terwujud.

Pantauan di lapangan, meski lokasi kegiatan diguyur hujan gerimis, namun tidak mengurangi antusiasme warga dalam mengikuti dan menyaksikan Parade Syair Maulid Habsyi. Bahkan hingga saat doorprize diundi, ada warga yang melontarkan candaan, sehingga membuat para warga lain tertawa, menandakan hangat dan akrabnya suasana malam itu. m-sms

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here