Bangunan Bisa Dilipat dan Mudah Dipindah

100
bangunan bisa dilipat

WARSAWA/tabengan.com – Sebuah bangunan pencakar langit yang terinspirasi seni melipat kertas khas Jepang, origami, berhasil memenangkan kompetisi desain arsitektur terbaik di dunia.

Gedung yang bernama Skyshelter.zip itu mengusung struktur konstruksi lipat, yang benar-benar dapat dilipat dalam arti sesungguhnya.

Ketika dilipat, bangunan pencakar langit tersebut dapat dipindahkan dengan bantuan helikopter ke daerah-daerah bencana, untuk kemudian difungsikan sebagai penampungan sementara.

Dikutip dari Independent.co.uk, belum lama ini, bangunan lipat ini bahkan dapat dilabuhkan di atas tanah yang kondisinya tidak stabil, dan segera membangunnya dengan dorongan balon helium raksasa yang ada di dalamnya.

Desain pemenang kompetisi Kompetisi Pencakar Langit 2018 yang digelar oleh majalah eVolo itu dirancang oleh kolaborasi tiga mahasiswa arsitektur asal Polandia, yakni Damian Granosik, Jakub Kulisa dan Piotr Pańczyk.

Cakupan luas tanah yang ditempati oleh Skyshelter.zip rata-rata 30 kali lebih kecil dari tenda atau kontainer, yang digunakan untuk kebutuhan serupa.

Ini berarti dibutuhkan lebih sedikit usaha untuk membersihkan area kamp setelah dipakai.
Menurut para perancangnya, segi efisiensi dan fungsionalitas memegang peranan penting agar bangunan temporer ini bisa ditempatkan di banyak lokasi, termasuk di tengah pemukimat padat.

Setelah seluruh pondasi kuat menopang, dorongan balon helium dapat diatur untuk menentukan jumlah lantai yang akan digunakan, yakni mencapai batas 15 tingkat.
Dalam pengajuan proposal tertulis, para desainer menjelaskan konsep di balik desain bangunan pencakar langit yang mereka buat.

“Semakin banyak bencana alam terjadi setiap tahun di seluruh dunia,” tulis mereka.
“Ketika berhadapan dengan kekuatan yang begitu kuat, sarana standar manajemen krisis sering terbukti tidak efisien. Ketika wilayah tertentu dilanda gempa bumi, banjir atau badai, maka bantuan harus tiba dengan cepat,” lanjut mereka.

Hal ini, kata mereka, dimaksudkan untuk berfungsi sebagai pusat multi-tujuan untuk setiap operasi bantuan. l6-com

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here