280 Penegak Pramuka Ikut Lomba RSC

2017
Lomba Rover Scout Competition (RSC) Kwartir cabang Pramuka Kabupaten Kotawaringin Barat
Ketua Kwarcab Pramuka Kobar Ahmad Subandi saat menyerahkan tanda peserta lomba, Minggu (23/4).

PANGKALAN BUN/tabengan.com – Kwartir cabang Pramuka Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar lomba Rover Scout Competition (RSC), di Halaman DPRD Kobar, Minggu (23/4).

Ketua Kwarcab Pramuka Kobar, Ahmad Subandi mengatakan kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan pengalaman dan pengetahuan serta ketrampilan bagi penegak pramuka di Kabupaten Kobar.

Kegiatan itu diikuti 280 penegak pramuka dari 6 kecamatan di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengikuti lomba RSC tahun 2017. Para penegak yang datang dari perwakilan 14 sekolah tingkat SMA/SMK/MA sederajat di Kobar.

lima cabang yang dilombakan diantaranya, lomba ketangkasan baris berbaris, tehnologi tepat guna, tali temali, perkusi, dan desain poster. Sehingga kegiatan tersebut dapat dimanfaatkan sebaik mungkin bagi para penegak dari 6 kecamatan.

“Lomba ini merupakan salah satu program kwartir cabang yang bekerjasama dengan Dewan Kerja Cabang (DKC),” kata Ketua Ahmad Subandi.

Dijelaskan juga, lomba itu diharapkan mampu melatih diri dalam mengembangkan kepemimpinannya dan ikut serta dalam pembangunan di masa mendatang.

Disamping kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan bagi penegak di wilayah kwarcab Pramuka Kotawaringin Barat untuk berkompetisi antar sesama anggota Pramuka.

Sekaligus meningkatkan jiwa nasionalisme dan patriotisme.Juga dapat menambah pengamalan dasa darma serta keterampilan pramuka peserta didik.

Tujuan lain, merealisasikan revitalisasi gerakan pramuka alternatif wadah pembinaan karakter dalam revolusi mental. Dan menambah rasa persaudaraan, menggalang pesatuan menambah pengalaman serta pengetahuan.

“Lomba ini butuh kekompakan. Maka dari disitu harus melatih kepemimpinan agar bekerja baik dalam satu tim. Sehingga satu sama lain bisa berperan sebaik mungkin,” harapnya.

Kemudian kegiatan untuk menyongsong mencari Pramuka Garuda. Pramuka Garuda ini anak yang bisa diandalkan diantara yang lain yang memiliki kecakapan dan keterampilan khusus.

Sementara itu, ketua panitia pelaksana lomba Rover Scout Competition tahun 2017, Ade Novan mengatakan persiapan lomba sudah matang. Hanya saja sedikit terjadi kendala karena kekurangan orang di kepanitian.

Ia mengatakan total peserta dari setiap sekolah berjumlah 20 penegak. Mereka mewakili setiap satu sekolahnya untuk berlomba memenangkan 5 cabang yang dikompetisikan panitia.c-uli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here