Kalteng Trade Expo 2017, Pamer Produk Unggulan Kualitas Ekspor

2226
Kalteng Expo 2017 di Palangka Raya
Kalteng Expo 2017 di Palangka Raya

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Menyambut HUT Provinsi Kalimantan Tengah, Pemerintah Provinsi kembali menggelar ajang kegiatan pameran Kalteng Trade Expo 2017 yakni produk unggulan berorienstasi ekspor di kawasan Arena Pameran Temanggung Tilung Palangka Raya, 19 – 24 April 2017. Acara ini dibuka secara resmi oleh Sekda Provinsi Kalteng, Syahrin Daulay mewakili Gubernur Sugianto Sabran, Rabu (19/4). Turut hadir seluruh pejabat baik pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota, disela pembukaan Kalteng Trade Expo 2017, Gubernur Sugianto dalam sambutanya dibacakan Syahrin Daulay, mengatakan Kalteng Trade Expo merupakan event perdana pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam rangka mempromosikan produk/komoditi unggulan Kalteng yang berorientasi ekspor.

“Dengan penyelenggaraan Kalteng Trade Expo ini , saya mengharapkan agar dapat bermanfaat dalam rangka mempromosikan potensi dan peluang investasi serta produk-produk atau komoditas unggulan yang dimiliki oleh kabupaten/ kota se-Kalimantan Tengah agar lebih dikenal luas kalangan investor dan para pembeli potensial baik dari dalam maupun luar negeri,” katanya.

Selain itu, menciptakan wahana interaksi bisnis langsung para pengusaha, pembeli, penyedia teknologi dan para investor guna menjalin kerjasama yang saling menguntungkan di bidang investasi, perdagangan, industri, teknologi, sumber daya manusia dan lain sebagainya.

”Sebagai sarana efektif untuk membangun komitmen dengan calon-calon investor agar tertarik membangun investasi di daerah khususnya Kalimantan Tengah, meningkatkan kemampuan dan profesionalisme aparat daerah dalam mempromosikan daerah dalam rangka menata dan menyajikan data dan informasi untuk kepentingan investasi,” paparnya.

Menurut Gubernur, dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), dimana barang dan jasa anggota negara Asean akan bebas keluar masuk tanpa adanya hambatan, maka pemerintah daerah dan pelaku usaha harus melakukan antisipasi dan persiapan dalam menghadapi persaingan. Antara lain, menjaga mutu dan kualitas produk, meningkatkan desain, meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan, meningkatkan kecintaan dan kesadaran untuk selalu menggunakan produksi dalam negeri, meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), meningkatkan kapasitas produksi dan memperluas jaringan pemasaran.

Pada kesempatan yang baik ini, Gubernur mengimbau kepada semua pihak, mulai dari sekarang bersama-sama mencintai dan menggunakan produk Indonesia mulai dari pribadi, keluarga, instansi pemerintah/swasta khususnya produk lokal/bangsa sendiri, sehingga bangga menggunakan produk negara sendiri, yang pada akhirnya mensejahterakan masyarakat menuju kalteng berkah.

Secara khusus kepada Bupati dan Walikota pada masa yang akan datang untuk dapat mendukung dan berpartisasi penuh pada penyelenggaraan Kalteng Trade Expo selanjutnya. Untuk kegiatan Kalteng Trade Expo ini, pihak panitia menyediakan kurang lebih 32 stand indoor yang isi oleh Instansi dan beberapa perusahaan sawit yang ada di Kalimantan Tengah maupun perusahaan swasta dari luar provinsi Kalimantan Tengah. Sedangkan untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, pihak panitia menyediakan 60 stand out door. edw

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here