Makam Mozes Pause Dibongkar Orang

1336
Makam mantan ketua DPRD yang dibongkar di Lamandau
Makam mantan ketua DPRD yang dibongkar di Lamandau

NANGA BULIK/tabengan.com – Makam mantan Ketua DPRD Lamandau Mozes Pause yang ada di Taman Makam Pahlawan Kota Nanga Bulik, dibongkar orang tak dikenal. Pembongkaran makam tersebut diduga terjadi pada Minggu (16/4) malam.

M Hidayat, petugas yang menjaga taman makam pahlawan tersebut baru mengetahui kalau makam Mozes itu dibongkar orang pada Senin (17/4) pagi sekitar pukul 07.00 WIB.

Mendapati kuburan yang sudah dibongkar orang dan kondisinya acak-acakan Hidayat langsung menyampaikan hal tersebut kepada istri almarhum, yakni ibu Kariani yang tengah mengajar di SMAN 1 Bulik.

Seketika itu juga pihak keluarga almarhum langsung melaporkan kejadian tersebut kepada Kepolisian Resort (Polres) Lamandau.

Kejadian pembongkaran makam di Lamandau memang baru pertama kalinya. Terlebih yang dibongkar adalah makamnya orang yang dianggap mempunyai jasa besar terhadap pemekaran kabupaten berjuluk Bumi Bahaum Bakuba.

“Saya mengutuk keras tindakan pelaku yang membongkar makam pak Mozes ini. Saya berharap kepolisian bisa segera menangkap pelakunya dan dihukum sesuai ketentuan,” cetus Wakil Ketua DPRD Lamandau FX Perwiragato, yang melihat langsung kondisi makam, Senin.

Dia menduga motif pelaku membongkar makam tersebut adalah untuk ilmu sesat. “Kalau motifnya harta, kenapa harus membongkar makam. Kalau ingin mempermalukan keluarga almarhum, kenapa sampai seperti ini. Dugaan saya ini untuk ilmu sesat,” cetusnya.

Dugaannya tersebut, dikuatkan dengan hilangnya sejumlah pakaian almarhum di dalam koper yang juga dikubur di dalam makam Mozes.

Sementara itu, di tempat yang sama, istri Almarhum, Kariani, tidak menyangka jika ada orang yang tega membongkar makam suaminya tersebut.

“Tidak ada benda atau barang berharga di dalam koper itu. Hanya beberapa pakaian yang semasa hidupnya dulu sering dipakai dan satu buah jam tangan, itu pun jam tangan biasa (tidak mahal),” ujarnya.

Hingga berita ini diturunkan anggota Polres Lamandau masih terus melakukan identifikasi guna mengungkap motif di balik pembongkaran makam tersebut. c-kar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here