Diguyur Hujan, Pembukaan MTQ Tetap Semarak

2167
Pembukaan MTQ di Kobar
Pembukaan MTQ di Kobar

PANGKALAN BUN/tabengan.com – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 48 tingkat Kabupaten Kotawaringin Barat diselenggarakan di Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam) nampak berlangsung meriah. Ratusan kafilah dari seluruh kecamatan se Kobar mengikuti pawai taaruf pada pembukaan MTQ Ke 48, Sabtu (15/4).

Para kafilah secara resmi dilepas Pj.Bupati Kobar Nurul Edy. Meski hujan mengguyur, peserta tetap antusias berjalan kaki dari depan rumah jabatan Camat Kolam menuju Lapangan Karya Jaya Kelurahan Kotawaringin Hulu Kecamatan Kolam.

Pawai tersebut dalam rangka pembukaan MTQ 48 yang dilaksanakan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Kobar.

Namun yang sangat disayangkan, sepanjang route pawai taaruf sepi penonton, sehingga aktraksi yang ditampilkan setiap peserta pawai tidak menyedot perhatian masyarakat.

Pada pembukaan MTQ di malam harinya, hujan tetap turun dengan lebat, namun acara pembukaan banyak dihadir masyarakat yang ingin menyaksikan semaraknya pembukaan MTQ di Kecamatan Kolam yang dimeriahkan Musik Qasidah dari Grop Elhawa Semarang, Jawa Tengah.

Dalam acara pembukaan MTQ, selain Pj Bupati Kobar Nurul Edy, turut hadir Ketua Komisi A DPRD Kobar Achmad Subandi, Anggota DPR RI Hamdani, Kabag Ops Polres Kobarn, serta hadir juga Kepala SKPD lingkup Pemda Kobar. Dan pembukaan MTQ dihadiri Bupati dan Wakil Bupati terpilih Nurhidayah dan Ahmadi Riansyah.

Sementara, Camat Kolam Yudie Hudaya mengatakan penyelenggaraan MTQ Ke 48 di Kecamatan Kolam diselenggarakan mulai 15 April sampai dengan 20 April 2017. Dimana penunjukan Kecamatan Kolam sebagai tuan rumah berdasarkan SK Bupati yang diterbitkan pada 2016.

” MTQ Ke 48 diikuti 211 peserta yang hadir dari 6 Kecamatan, sedangkan pusat kegiatan selain di lapangan Karya Jaya juga beberapa tempat lainnya yang dijadikan sebagai tempat lomba,” kata Camat Kolam.

Dirinya menyampaikan ucapan terimakasih kepada masyarakat Kecamatan Kolam yang telah membantu terselenggaranya perhelatan MTQ sehingga dapat berjalan dengan baik.

Sedangkan Pj Bupati Kobar Nurul Edy berharap dewan juri bekerja profesional dalam menjalankan tugas. Juri diharapkan memberikan nilai yang sesuai dengan kemampuan peserta secara objektif karena di ajang lomba MTQ Pemkab Kobar benar-benar mencari bibit yang berbobot guna mengikuti ajang lomba di tingkat Provinsi Kalteng pada Mei mendatang.

“Diselenggarakannya MTQ ini dengan harapan siapapun nantinya yang juara bisa membawa harum nama Kabupaten Kobar,” ujar Nurul.

Menurut Edy,kegiatan MTQ merupakan salah satu upaya untuk dapat menyiarkan agama islam dalam kehidupan bermasyarakat.

“Kegiatan ini selain menumbuh kembangkan syiar Islami juga sebagai ajang silaturahmi, diharapkan juga melalui MTQ dapat melahirkan para qori qoriah yang kedepan akan membawa nama harum Kobar di ajang MTQ tingkat provinsi pada bulan Mei Mendatang” Ujarnya.

Pada acara pembukaan MTQ di Kecamatan Kolam, usai acara pembukaan, disuguhkan dengan pesta kembang api yang menghias indah di langit yang terguyur hujan.c-uli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here