Pemkab Siapkan Tanah untuk Transmigrasi

2369
Ilustrasi transmigrasi
Ilustrasi

SUKAMARA/tabengan.com – Kurangnya penduduk Sukamara, membuat pemerintah daerah terus berupaya menambah jumlah penduduk dengan melaksanakan program trasmigrasi. Karena itu, Pemerintah Kabupaten Sukamara berusaha menyiapkan tanah untuk trasmigrasi tersebut.

Bupati Sukamara H Ahmad Dirman melalui Asisten II Setda Sukamara H Sutrisno mengatakan, acara sosialisasi yang dilaksanakan ini sangat penting, karena dalam sosialisasi diupayakan dapat menyusun arah dan kebijakan pengembangan transmigrasi di Kabupaten Sukamara.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa keberadaan warga transmigrasi dalam suatu wilayah telah memberi pengaruh besar terhadap perkembangan dan kemajuan pembangunan di wilayah di mana para warga transmigran ditempatkan,” kata Sutrisno, belum lama ini.

Menurutnya, program transmigrasi memberi dampak positif terhadap terbukanya peluang usaha baru dan terciptanya lapangan kerja bagi masyarakat di wilayah sekitarnya, serta terjalinnya persatuan dan kesatuan antarbangsa Negara Indonesia.

Selain itu, Sukamara saat ini masih memungkinkan untuk dilaksanakan pengembangan permukiman transmigrasi, walau jumlahnya tidak besar. Ada beberapa desa di wilayah kecamatan yang memungkinkan dikembangkan transmigrasi seperti Desa Pulau Nibung, Sei Baru, Sei Bundung, Sei Raja wilayah Kecamatan Jelai, dan Desa Sei Damar wilayah Kecamatan Pantai Lunci.

Dikatakannya juga, dalam pelaksanaan penyediaan tanah untuk permukiman transmigrasi diharapkan dapat dilakukan melalui proses yang benar dan sesuai aturan yang berlaku, sehingga dikemudian hari tidak timbul masalah baik bagi warga yang ditempatkan maupun bagi pemerintah daerah.

“Kepada dinas terkait yakni Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dapat mengkaji dan meneliti kembali terhadap ketersedian pencadangan tanah untuk pengembangan kawasan transmigrasi tersebut. Untuk itu perlu adanya koordinasi yang kuat antarlembaga, SOPD yang terkait serta kerja sama yang saling mendukung,” pinta Sutrisno.

“Program transmigrasi ini kita harapkan bukan hanya pemerintah daerah, tapi peran masyarakat tentu sangat memengaruhi. Oleh karena itu, kita harap masyarakat dapat mendukung program ini, terutama masyarakat desa yang akan ditempatkan trasmigrasi di wilayahnya,” tambahnya. c-gus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here